Semangat Berlatih Jurnalistik di Sukawangi

Posted on Updated on

Minggu Pagi (10/3/2013) Kunjungan IM3 saba sakola bersama Kabar Priangan menjambangi jurnalis pelajar Komunitas Ngejah. Bertempat di SMK Riyadlul Huda Singajaya Kabupaten Garut, perwakilan pelajar SMA, SMP, M.Ts, SMK dan MA dari 3 kecamatan perbatasan Tasikmalaya – Garut ikut serta dalam kegiatan ini. Selain Duddy RS (Redaktur Kabar Priangan), beberapa orang pegiat literasi media yang berasal dari organisasi Pondok Media, KOFITA, dan BJK, ikut hadir untuk menjadi pemateri dalam kegiatan ini.

Pada kegiatan ini, Siswi SMA 20 Garut, Ai Ervi bertindak sebagai ketua pelaksana, yang didampingi aktivis pemuda Sukawangi Heri Samsul Aripin sebagai Sekertaris serta Wildan Ardiansyah siswa SMK Nashirul Huda dan Vita Sizu siswi M.Ts Riyadlul Huda sebagai seksi acara serta beberapa orang panitia lainnya.
Kegiatan diawali dengan laporan Ketua Pelaksana, kemudian dilanjutkan sambutan dari Ketua Komunitas Ngejah Nero Taopik Abdillah. Dalam kesempatan ini, salah seorang guru SMAN 20 Garut Dikdik, dalam sambutannya memberikan apresiasi. Menurutnya kegiatan tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat terutama bagi para pelajar. Lebih lanjut, ia menuturkan, sepengetahuannya, kegiatan jurnalis serta literasi media, hanya dilakukan di daerah perkotaan, namun dengan kehadiran kegiatan IM3 Saba Sakola bersama Kabar Priangan, hal ini memberikan warna tersendiri bagi kemajuan literasi khususnya di wilayah Singajaya dan sekitarnya. Dengan demikian, Dikdik berharap agar kegiatan ini terus dilanjutkan dan ditindak lanjuti agar remaja di daerah memiliki kesadaran bermedia sebagaimana tema kegiatan yang mengusung tema “Remaja Masa Depan Berjejaring

Sebelum diskusi dimulai, Dodi Dores, Rangga, Ridwan Abdul Aziz, Jajang Juanda dan Wildan mengisi acara dengan pagelaran dramatisasi puisi, yang kemudian dilanjutkan dengan penampilan monolog yang berjudul “Agustin” oleh salah seorang siswa SMAN 20 Garut. Tidak mau ketinggalan Heri Samsul Aripin pun memainkan gitarnya dan suaranya yang lantang menyanyikan lagu yang berjudul “Semangat Komunitas Ngejah” yang diikuti oleh teman-teman komunitas ngejah dan peserta kegiatan. “Wow… lumayan menakjubkan, dapat ilmu tentang berjejaring, bermedia ditambah pertunjukkan yang cukup menakjubkan. Asik…” lontar seorang peserta SMP 2 Singajaya. Acara puncak yang dinantikan oleh seluruh peserta adalah paparan materi dan diskusi dengan nara sumber Duddy RS (Redaktur Kabar Priangan). Sebelum mengakhiri pembicaraan Duddy RS mengutarakan “Remaja saat ini, harus mampu menghasilkan buah karya, salah satunya dalam bentuk tulisan”
Diskusi selanjutnya dipandu oleh Arief Reff (Pondok Media) dan Siswandi (Kofita). Pada sesi ini kedua pegiat literasi media ini, mencoba mengungkap mengenai trik membuat karya dalam bentuk video diary.
Akhir kegiatan diisi dengan diskusi bersama mengenai tindak lanjut kegiatan. Beberapa perwakilan guru yang hadir dalam kegiatan ini yaitu Rika dan Ratih menyampaikan apresiasi terhadap kegiatan tersebut. Menimpali pernyataan tersebut Ruli dan Roni (Pengurus Komunitas Ngejah) menegaskan bahwa ke depan Komunitas Ngejah berencana akan terus menggelar program-program kegiatan literasi, oleh karena itu bantuan seluruh pihak sangat mereka tunggu.

Penulis: Doddy Dores (Siswa MA Ansoriyah Bojonggambir-Tasikmalaya, bergiat di Komunitas Ngejah) Ai Ervi (Siswi SMA 20 Garut, bergiat di Komunitas Ngejah)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s