Menyongsong PJP III Komunitas Ngejah

Posted on Updated on

Tidak terasa PJP III (Pelatihan Jurnalistik Pelajar) hanya beberapa hari lagi lagi akan diselenggarakan. Ah, saya jadi teringat bagaimana PJP I terlaksana. Waktu itu, dua tahun yang lalu setelah pelaksanaan Pesantren Media  VI yang diselenggarakan oleh Pondok Media di UPI Kampus Tasikmalaya, tiba-tiba terpikir dalam benak saya untuk mengadaptasi kegiatan serupa untuk diselenggarakan di kampung kelahiran. Pondok Media sendiri merupakan salahsatu wadah jurnalis warga yang berada di wilayah Priangan Timur, yang diawaki Kang Duddy Rs, Pak Arief, AD Rusmianto, Dudu AR, Panji, Wandi dan beberapa kawan-kawan lainnya. 384325_531043593577278_395088647_n

Ide itu kemudian saya tindak lanjuti dengan menghubungi Pak Arief, Deri Hudaya dan Ruli Lesmana untuk membantu menyelenggarakan kegiatan tersebut. Selain mereka berdua, saya mencoba meminta pendapat kepada Kang Duddy RS dan kawan baik saya Dudu AR serta kepada rekan-rekan yang mempunyai minat yang sama. Setelah proses itu terlewati, akhirnya PJP I dapat dilaksanakan. Ada sekitar 40 orang peserta, dengan fasilitator Pak Arief REF, Deri Hudaya dan saya sendiri, serta dibantu oleh Ruli Lesmana untuk mengerjakan beberapa hal yang terkait kesekretariatan. Selama dua hari satu malam pada pertengahan Ramadhan di M.Ts Riyadlul Huda, akhirnya kegiatan PJP I terselenggara.

Tahun ini, merupakan tahun ke tiga pelaksanakan PJP. Seperti tahun-tahun sebelumnya, PJP III akan menghadirkan relawan-relawan yang siap memberikan ilmunya tanpa mendapat imbalan. Selain fasilitator lokal (kuncen Komunitas Ngejah) sederet nama mujahid siap hadir,  Kang Duddy RS, Kang Ibnu Hijar Apandi, Panji Kofita, Wandi Kofita, D Dudu AR, Pak Arief Ref, Maman BJK, Arinda Risa Kamal, Kang Wildan, Dr. Endang Kasupardi dan beberapa nama lainnya menyatakan kesiapannya untuk berbagi dengan peserta PJP III. Rencananya PJP III akan diselenggarakan di Gedung Serbaguna Desa Sukawangi, sama seperti tempat pelaksanaan PJP II. Materi yang akan disajikan yaitu tentang menulis, Fotografi, Film Dokumenter, dan Blogging. Jika pada PJP II tercatat sebanyak 170 peserta mengikuti kegian ini, ada berapa pesertakah pada pelaksanaan PJP III yang akan dilaksanakan pada tanggal 27 – 29 September? Kita tunggu saja.

Nero Taopik Abdillah (Presiden Komunitas Ngejah)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s