Gerakan Kampung Membaca (GKM) Episode #4

Posted on Updated on

“Ta1374828_4848061858503_1619830075_nk ada alasan untuk berhenti, virus ini harus terus disebar” begitu tutur Ruli Lesmana dalam persiapan Gerakan Kampung Membaca episode#4 di Saung Komunitas Ngejah.  Hari ini, Sabtu 26 Oktober 2013 relawan Gerakan Kampung Membaca kembali akan mengunjungi Kampung Pasirwaja. Setelah semua tim GKM episode#4 yang terdiri dari Iwan Ridwan, Ruli Lesmana, Budi,Vita, Sinta dan Nurhakiki berkumpul di saung Komunitas Ngejah, tim langsung menyiapkan peralatan yang akan dibawa ke lokasi.

Kali ini dikarenakan kendaraan untuk menuju lokasi tidak cukup, akhirnya semua tim sepakat menuju lokasi kegiatan dengan berjalan kaki bersama-sama. Tim relawan memilih jalan setapak, dengan medan jalan yang cukup menantang, selain melewat persawahan yang sangat becek, tim juga harus melalui jalan yang naik turun. Waktu perjalanan sekitar  tiga puluh menit, dan akhirnya tim pun sampai dilokasi. Raut wajah ceria anak-anak peserta GKM episode#4 menyambut tim relawan. Rasa lelah yang dirasakan oleh tim pun sirna setelah melihat antusias dari anak-anak.

Melihat semua peserta sudah siap, tim relawan melalui Riska Abdul Wahid segera membuka acara dengan mengajak seluruh peserta membacakan Bassmallah bersama. Acara pembukaan selesai, koordinator lapangan dari GKM yaitu Ka Iwan Ridwan memberikan penjelasan tentang makna yang terkandung dalam lambang dari Negara Indonesia. Seluruh peserta begitu tertarik dengan penjelasan ini.

Acara pun semakin meriah, tatkala persiden dari  Bina Prestasi  Bandung yaitu Ka Budi Iskandar ikut mengisi acara denga memberikan motivasi kepada anak- anak tentang pentingnya membaca, serta memberikan permainan konsentrasi. Pada Kesempatan ini anak-anak terlihat sangat bersemangat ketika mengikuti langkah demi langkah  dari permainan yang diintruksikan oleh Ka Budi. Waktupun terasa berlalu lebih cepat, suara adzan Ashar sudah berkumandang,  tim pun memutuskan untuk melaksanakan shalat berjamaah bersama  peserta.

Shalat selesai, acarapun dilanjutkan kembali dengan membaca bersama. Anak-anak serentak memilih buku yang akan mereka baca sesuai dengan kegemaranya masing-masing. Kegiatan membaca bersama berlangsung sekitar setengah jam.  Kemudian tim relawan memberikan kesempatan kepada para peserta untuk memberikan ulasan mengenai apa yang mereka baca.  Dalam hal ini, salah seorang  perwakilan dari peserta yang bernama “Lulu” unjuk tangan untuk memberikan ulasan intisari dari buku yang ia baca. Sebagai apresiasi dari keberaniannya, Lulu mendapatkan hadiah dari tim GKM berupa buku gambar dan sebuah poster.

“Horeeee…” pekik anak -anak kegirangan saat tim dari GKM memberikan pemberitahuan bahwa acara akan dilanjutkan dengan permainan yang tempatnya dilaksanakan di luar ruangan, mereka terlihat lebih bersemangat sekali  karena di dalam permainan tersebut  terdapat banyak hadiah yang sangat menarik sekali bagi mereka yang bisa mengikuti permainannya dengan baik dan dengan konsentrasi penuh.

Waktu sudah menunjukan pukul 17.00. Haripun sudah terlihat gelap, itu tandanya acara GKM untuk  episode #4 di Pasirwaja sudah selesai. Acarapun diakhiri dengan pemberian hadiah kepada anak- anak yang beruntung dalam permainan tersebut dan dilanjutkan dengan acara photo bersama.

Iwan Ridwan (Staf Pengajar MI RIyadlul Huda, bergiat di Komunitas Ngejah)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s