Gebyar Sumpah Pemuda di Sukawangi

Posted on Updated on

Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia. Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia. Ketiga: Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

1378625_4869391831739_967976572_nIkrar yang dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia ini langsung membius ratusan pasang mata untuk kembali ke 85 tahun yang lalu. Dengan semangat pemuda yang menggelora secara serempak para peserta mengucap ulang pembacaan teks sumpah pemuda sembari mengepalkan kedua tangan dan mengangkatya sampai ke atas kepala pada Upacara Peringatan Sumpah Pemuda ke-85 di Lapangan utama desa Sukawangi senin (28/10). Upacara tersebut merupakan puncak dari rangkaian acara peringatan hari Sumpah pemuda ke-85 sejak 1 Oktober lalu, yang diselenggarakan oleh Ikatan Pemuda Pemudi Desa Sukawangi(IPPS). Acara tersebut terselenggara atas kerja sama IPPS dengan Komunitas Ngejah, dan X-Trads, serta didukung oleh beberapa perusahaan di wilayah Kecamatan Singajaya dan tentunya oleh seluruh masyarakat Sukawangi dan sekitanya.

1441197_4869378911416_1929222742_nDiawali dengan tournament Sepak Bola usia 16 dua desa yaitu desa Sukawangi dan desa Pancasura dengan nama IPPS Cup, kegiatan ini langsung menarik simpati orang banyak. Gelaran ini setiap hari menarik penonton yang sangat banyak hingga mencapai final yang diselenggarakan pada tanggal 27 Oktober. Berkat IPPS Cup, lahirlah calon-calon bintang lapangan masa depan yang berasal dari pelosok yang nantinya akan diseleksi kembali untuk mengikuti Persib U-16 di Cikajang Garut. Sawargi All Star Club-B lah yang kemudian keluar sebagai pemenang setelah berhasil mengalahkan lawan tangguhnya Sakiatna FC dengan skor akhir 1-0. “Selain menyambut dan memperingati Sumpah Pemuda acara tersebut juga sebagai upaya mempererat tali silaturrahmi antar warga masyarakat Desa Sukawangi dan Desa Pancasura dan meningkatkan semangat juang dalam meraih prestasi diantara peserta” demikian ujar Kang Ajo ketua pelaksana IPPS Cup . Tak hanya itu, IPPS juga mengadakan berbagai hiburan yang tak kalah menarik, diantaranya pertandingan uji coba All Star IPPS CUP melawan Club unggulan asal Cikajang, Dinas Instansi Kecamatan melawan Sawargi All Star FC Sang Juara IPPS CUP, sampai tim dari Kapolsek Ciudian melawan IPPS FC selaku panitia penyelenggara. “Sudah menjadi tugas yang kami emban untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan di kalangan pemuda dan masyarakat juga peduli dengan ketertiban terutama dalam acara-acara seperti ini, Namun kami juga senang bisa berpartisifasi dalam memeriahkan acara ini”. Ujar Pak Kapolsek Kecamtana Singajaya saat ditanya mengenai komentarnya terhadap kegiatan IPPS Cup dan upacara peringatan hari Sumpah Pemuda selepas upacara.

DSC07250 20131027_153111 20131027_154151Selain itu, IPPS juga menyediakan hiburan untuk para pecinta Trail Adventure menjelajahi rute yang telah disediakan panitia dengan kupon berhadiah yang tak kalah menariknya. Adventure ini bekerja sama dengan Trail Adventure Sukawangi (X-Trads) yang didalangi Kang Haha sebagai ketua organisasinya. Olahraga yang 20131028_092600satu ini sedang digandrungi pemuda Sukawangi dan sekitarnya. “Selain memacu adrenalin olahraga yang satu ini memang memberikan kepuasan tersendiri bagi siapa saja yang mencoba menaklukan terjal danlicinnya jalann“ komentar salah seorang anggota X-Trads ketika diwawancara mengenai kesan menyukai hobi tersebut. Tak berhenti sampai di situ, masih ada serangkaian hiburan dari GSP Group yg menjadi penutup gebyar peringatan sumpah pemuda di lapangan Nadiawangi ini. Acara peringatan sumpah pemuda seperti ini adalah untuk yang pertamakalinya diselenggarakan di wilayah Kecamatan Singajaya, dan mendobrak inovasi baru untuk peringatan hari-hari besar nasional yang nyaris terlupakan masyarakat khususnya pemuda. Jiwa nasionalisme yang mulai terkikis perlahan kembali dan berkembang dengan adanya perhatian pada sebuah sejarah. “Terus terang Saya sangat berbangga Dengan prestasi yang telah IPPS laksanakankan dari penyelenggaraan kompetisis sepak bola mencari bakat remaja untuk berprestasi di usia 16. Mungkin kedepanya tidak hanya dua desa tapi satu kecamatan akan saya percayakan kepada IPPS.” Apresiasi Camat Singajaya Drs. Enyang Juanda seusai menjadi pembina upacara. Beliau menekankan kepada seluruh pemuda pemudi untuk terus bersatu dengan semangat kepemudaan.

Penulis:

Novi Susanti Dewi (Siswi SMK Nasirul Huda, bergiat di Komunitas Ngejah)


Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s