Gerakan Kampung Membaca Episode #6

Posted on

DSC09750Pasirwaja 27/November/2013

Setelah menempuh jarak sekitar 3 Km para relawan Gerakan Kampung Membaca Komunitas Ngejah tiba di Kampung Pasirwaja RT/RW 05/01 Desa Sukawangi Kecamatan Singajaya Kabupaten Garut. Setiba di sana para relawan disambut dengan tepuk tangan anak-anak yang terlihat sangat gembira dengan kedatangan para relawan.

Kegiatan Gerakan Kampung Membaca episode#6 yang dilaksanakan pada tanggal 27/11/2013 dimulai dengan pembukaan yang dipimpin oleh Nur Hakiki sebagai pembawa acara, dilanjutkan dengan sambutan oleh Iwan Ridwan selaku kordinator GKM. Dalam sambutanya ia menekankan kepada anak-anak agar selalu rajin membaca, karena dengan membaca bisa mengetahui banyak hal tentang dunia, dengan membaca juga bisa membuka jendela dunia untuk menuju masa depan yang lebih terang. Seperti biasa acara acara pembuka hanya berlangsung selama 5-10 menit, ini hanya semacam penanda dimulainya kegiatan.

Sesi utama kegiatan ini adalah mengajak anak-anak membaca, oleh sebab itu maka Saepul Milah salah seorang pentolan relawan GKM, setelah dipersilahkan ia segera mengambil alih komando. Dengan sigap Saeful Millah dibantu beberapa orang relawan lainnya mengarahkan peserta GKM#6 membentuk kelompok. Pengelompokkan dilakukan sesuai jenjang usia, hingga terbentuklah tiga kelompok. Kelompok A terdiri dari anak SD dari kelas I sampai III, kelompok B anak kelas IV sampai VI dan kelompok C terdiri dari anak SMP/MTS. Masing-masing kelompok ditemani oleh beberapa orang mentor relawan GKM yang bertugas untuk membagikan bahan bacaan yang telah dipilah sesuai kelompok umur. Kegiatan membaca bersama berlangsung kurang lebih selama 90 menit.

Adzan berkumandang, semua mentor mengondisikan kelompoknya masing-masing untuk berhenti sejenak dan segera menuju mesid untuk melakukan berjamaah shalat Ashar. Seluruh peserta dan relawan GKM terlihat sangat kompak sekali berbondong-bondong masuk kedalam Mesjid. Setelah acara shalat selesai acarapun dilanjut kembali dengan penampilan dari perwakilan kelompok untuk membacakan puisi atau sekedar berbagi cerita di depan seluruh peserta GKM. Masing-masing peserta yang berani tampil ke depan akan diberikan penghargaan berupa buku gambar atau buku tulis. Keceriaan begitu terasa di penghujung acara, dengan lantang seluruh peserta menyanyikan Mars GKM hasil aransemen Ruli Lesmana, salah seorang pengurus Komunitas Ngejah.

Senja tiba, pertanda acara harus segera diakhiri. Seluruh peserta menutup kegiatan GKM#6 dengan berdoa bersama, bersalaman, dan berphoto bersama.

 

Penulis:

Iwan Ridwan (Koordinator GKM)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s