Gerakan Kampung Membaca Episode #12

Posted on Updated on

Gambar

Surapati yang merupakan salah satu bagian dari perkebunan Teh Sumbawa. Berhektar-hektar perkebuanan teh yang membentuk bukit-bukit hijau terhampar indah dipandang. Dibalik hijaunya bukit ini ada sebuah kampung kecil dimanakebanyakan dari masyrakatnya menggantungkan hidup sebagai pemetik Teh di perkebunan tersebut.

Kali ini saya menginjakan kaki di kampung tesebut. Kampung Gununggagak, saya masih penasaran dengan nama kampung ini. Meski bgitu saya belum tahu jelas kenapa kampung tersebut diberi nama Gununggagak. Saya tinggalkan dulu rasa penasaran saya tentang asal usul nama kampung tersebut.

Kedatangan saya ke kampung ini, bersama para Relawan Komunitas Ngejah dan Reporter TVRI. Tujuan utama saya bersama para relawan adalah untuk kembali mengkampanyekan literasi di kampung Gununggagak, kegiatan ini diberi nama Gerakn Kampung Membaca. Dalam GKM disajikan berbagai kegiatan yang bisa mendekatkan warga dan anak-anak dengan dunia baca tulis.

GKM kali ini dihadiri juga oleh pendiri Komunitas Ngejah(KN) yaitu Nero Taopik Abdillah. Di sesi pertama GKM diisi dengan dongeng dari pendiri KN dan motivasi pentingnya membaca. Motivasi penting membaca dianggap penting, terlebih di kampung-kampung kebanyakan, anak-anak kurang terkontrol. Dengan diberikan motivasi membaca diharapkan anak-anak menyadari bahwa membaca itu adalah kebutuhan. Telebih bisa bermanfaat untuk mengisi waktu senggang.

Gambar

Selanjutnya roundown acara GKM diantaranya; Membaca bersama(SD,SMP,SMA, umum), Menggambar (Anak PAUD), dan juga berlati membaca puisi. Saya sndiri kebagian untuk memberikan hiburan. Semacam permainan kecil yang dilakukan di out door. Nampak sekali keceriaan mereka ketika bermain-main. Permainan yang saya sajikan seperti main Tupai & pohon, dan bos berkata untuk mengasah konsentrasi anak-anak.

Sangat tampak keceriaan mereka ketika bermain. Saya pikir anak-anak baru mencoba permainan-permainan semacam ini. Pokonya asyik banget ketika melihat senyuman mereka. ;)

Gambar

Dalam momen ini pndiri KN tidak hanya memotivasi, tapi membagikan buku-buku dan alat tulis lainnya pada anak-anak yang berasi tampil ketika diberi tugas. Bikin anak-anak buat tambah semangat saja tuhh.

Sumber: http://jejakliterasi.wordpress.com/2014/03/06/jala-jalan-sambil-kampanye/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s