Pelajar Singajaya Kembali Belajar Ngeblog bersama Komunitas Ngejah

Posted on Updated on

Keinginan untuk serius belajar menjadi generasi yang tidak hanya mengunduh, namun mampu mengunggah, semakin terlihat jelas pada diri anak-anak muda yang tergabung dalam Komunitas Ngejah. Setidaknya, keseriusan itu terlihat dalam kegiatan pelatihan ngeblog yang  telah beberapa kali diselenggarakan oleh Komunitas Ngejah. Dalam hal ini Ruli Lesmana, sebagai fasilitator kegiatan, menyadarai betul bahwa menjalarnya teknologi internet yang telah menepi di perkampungan dengan efek positif dan negatif di dalamnya, tidak mungkin untuk dilawan, melainkan harus dimanfaatkan sebagai media belajar.

DSC03591 DSC03592Seperti, Minggu 24/03/2014 bertempat di ZZnet, pengurus Komunitas Ngejah beserta para pelajar (SMP dan SMA) yang berdomisili di sekitar Desa Sukawangi Kecamatan Singajaya, memanfaatkan hari libur dengan berlatih membuat dan mengkreasi blog.  Karena kegiatan ini dilaksanakan di warnet dengan jumlah perangkat komputer yang terbatas, kondisi ini membuat para pengurus membuat skenario agar para peserta pelatihan rela untuk belajr bergantian. “Secara teori umum, sudah diberikan di Saung Komunitas Ngejah, jadi di sini, kita tinggal praktek” cetus salah seorang peserta.

Sikap antusias terlihat dari masing-masing peserta. Langkah demi langkah mereka lakukan sesuai teori dan petunjuk yang diberikan oleh fasilitator kegiatan. Tanya jawab dengan santai mengalir, canda tawa juga menjadi sisipan tersendiri.. Rencananya, setelah para pelajar memiliki blog pribadi, hal yang akan dilakukan Komunitas Ngejah adalah mengarahkan rekan-rekan pelajar untuk mengisi blog masing-masing dengan hal-hal yang postif, seperti tulisan dan photo kegiatan-kegiatan baik yang dilaksanakan di kampung atau pun sekolahnya atau tulisan tentang pengalaman masing-masing individu.

 

Penulis:

Iwan Ridwan

Bergiat di Komunitas Ngejah, Menjadi Tenaga Pengajar Sukarelawan di MIS Riuadlul Huda

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s