Puisi untuk Negeri HUT RI Ke-69

Posted on Updated on

Membaca Puisi
Membaca Puisi

Tidak banyak yang bisa kami perbuat dalam memperingati HUT Kemerdekaan RI. Namun setidaknya, kami sebagai generasi muda, berusaha memaknai hari kemerdekaan sebagai ruang refleksi bagi diri, sudah sejauhmana kami mengisi kemerdekaan? Diskusi pun mengalir diantara peserta kegiatan HUT RI ke-69 yang diselenggarakan Komunitas Ngejah, tentang apa sebenarnya esensi kemerdekaan itu? Rata-rata dari kami memahami kemerdekaan adalah sebuah usaha memerdekakan diri dari hawa nafsu hanya memikirkan kepentingan diri pribadi dan mengesampingkan kepentingan umum. Oleh sebab itu peringatan kemerdekaan kami maknai sebagai ruang berbagi: berbagi cerita, berbagi kebahagiaan, berbagi motivasi untuk sama-sama bergerak membenahi diri dan lingkungan.

Sebuah acara yang kami beri nama PUISI untuk NEGERI, sengaja diusung untuk memperingati Kemerdekaan RI Ke-69. Minggu 17 Agustus, di saung Komunitas Ngejah yang berlokasi di Kampung Sukawangi Desa Sukawangi Kecamatan  Singajaya kabupaten Garut mulai pukul 13.30-16.00, kami berusaha saling memberikan ruang dengan anak-anak, pemuda dan masyarakat sekitar dengan cara ngobrol santai tentang esensi kemerdekaan.

Aneka Lomba
Aneka Lomba

Selain itu, kami seluruh peserta diarahkan untuk sama-sama belajar menulis puisi, membaca puisi yang menggelorakan semangat nasionalisme, menggambar dan mewarnai dengan tema kemerdekaan.

Ruang kegembiraan lainnya kami sajikan melalui aneka kegiatan lomba, seperti kegiatan lomba makan kerupuk, memasukan pensil ke dalam botol, serta beberapa permainan lainnya. Untuk mengapresiasi para pemenang, beberapa hadiah sederhana kami siapkan. Tidak hanya anak-anak, pemuda dan masyarakat sekitar yang terlibat dalam kegiatan ini, beberapa orang mahasiswa fakultas ekonomi Universitas Garut yang secara kebetulan sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata di desa kami, ikut ambil bagian memeriahkan kegiatan. Semuanya larut menikmati tahap demi tahap kegiatan.

DIRGAHAYU RI KE-69!

JAYALAH BANGSAKU!

Opik (Ketua Komunitas Ngejah)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s