Mobil Perpustakaan Keliling Nangkring di Komunitas Ngejah

Posted on Updated on

perpus kelilingMeskipun harus menempuh jarak  sekitar 60 km lebih dari pusat kota,  dengan waktu tempuh sekitar 2,5  jam, hal ini tidak menyurutkan tim Bapusipda Kabupaten Garut yang dipimpin Ibu Leni selaku sekretaris dengan membawa mobil perpustakaan kelilingnya untuk datang menjambangi Saung Komunitas Ngejah yang berlokasi di Kampung Sukawangi Desa Sukawangi Kecamatan Singajaya.

Sekitar 3,5 jam  mobil perpustakaan keliling tersebut nangkring di halaman Saung Komunitas Ngejah. Tentu saja ini  memberi warna baru serta suntikan motivasi untuk anak-anak yang sudah biasa berkunjung ke saung agar lebih termotivasi untuk gemar membaca.  Selain itu, koleksi buku yang ditawarkan kepada mereka merupakan buku baru yang belum dimiliki oleh Komunitas Ngejah, hal ini  membuat antusias anak-anak semakin mengebu-gebu untuk segera melahap buku tersebut.

iwan memilih buku

Namun mungkin belum familiar, sebagian besar dari mereka belum berani untuk masuk dengan memilih buku yang ada dalam mobil. Tapi ada juga beberapa orang diantaranya, tanpa pikir panjang sesaat setelah pintu mobil keliling tersebut di buka oleh petugasnya, mereka langsung memilih buku yang akan mereka baca.

Pemandangan seperti hari ini (Selasa,26/08/2014) tentunya memberi kesempatan kepada anak-anak khususnya dan masyarakat umumnya agar mengetahui bahwa pemerintah juga memiliki program peningkatan minat baca, salah satunya melalui layanan mobil perpustakaan keliling. Hal ini sangat disyukuri oleh pengurus Komunitas Ngejah, karena dengan kehadiran mobil perpustakaan keliling ini terbit harapan  akan meningkatnya pemahaman pada diri masyarakat bahwa membaca itu adalah program pemerintah, oleh sebab itu timbul kesadaran  pada diri masyarakat bahwa membaca itu penting.

diskusi dengan tamu dari bapusida garut

Tidak hanya itu, sebagai bentuk apresiasi  dan dukungan Perpusda Kabupaten Garut kepada gerakan yang dilakukan oleh Komunitas Ngejah, melalui diskusi santai terungkap bahwa beberapa buku yang dipilih oleh para pengurus Komunitas Ngejah boleh dipinjam dalam beberapa minggu atau bulan. Menurut Kabid Pelayanan Bapusipda yang juga ikut dalam rombongan, buku tersebut dipinjamkan dan akan ditukar dengan buku-buku baru setelah pengurus Komunitas Ngejah mengajukannya. Kang opik selaku nahkoda dari komunitas ngejah, menyambut gembira adanya dukungan dari pihak Bapusipda Kabupaten Garut. Ia berharap akan terciptanya kerjasama yang lebih erat antara komunitas Ngejah dan Bapusipda serta pihak-pihak lainnya, guna meningkatkan budaya baca di Kecamatan Singajaya dan sekitarnya.***

Penulis:

Iwan Ridwan (Pengurus Komunitas Ngejah)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s