GKM #22 dan Peresmian Pojok Baca Pasirwaja

Posted on Updated on

GKM 22...Kesadaran yang tumbuh pada diri sekelompok anak muda yang tergabung dalam ikatan silaturahmi Komunitas Ngejah kemudian menelurkan beberapa gerakan, di antaranya program Gerakan Kampung Membaca dan pembangunan Pojok Baca. Gerakan Kampung Membaca itu sendiri merupakan sebuah ikhtiar dalam rangka mengkampanyekan budaya baca tulis di kampung-kampung terluar di Garut bagian selatan. Sementara pembangunan Pojok Baca adalah tindak lanjut dari Gerakan Kampung Membaca. Adanya ketersediaan relawan yang berdomisili di lokasi kegiatan GKM yang mau menyisihkan waktu dan tenaganya untuk mengelola kegiatan adalah indicator tersendiri untuk kemudian diberikan fasilitas satu buah rak dan beberapa buku yang selanjutnya di sebut Pojok Baca.

gkm 22.

Minggu, 7 Sepetmber 2014, GKM memasuki episode #22 dengan lokasi yaitu di Kampung Pasirwaja RT. 01 RW. 08 Desa Sukawangi Kecamatan Singajaya Kabupaten Garut. Pada pukul 13.00 WIB. para relawan bersiap-siap dan mengepaki buku yang akan disuguhkan kepada peserta GKM #22. Ada yang menggendong buku, ada yang membawa alat music, dan ada juga yang membawa rak buku karena kegiatan GKM kali ini akan dirangkai dengan peresmian Pojok Baca Pasirwaja. GKM kali ini rombongan relawan dipimpin oleh Kang Roni Nuroni selaku pengurus Komunitas Ngejah dan mewakili Presiden Komunitas Ngejah Kang Nero Taopik Abdilah yang tidak bias hadir dikarenakan ada hal lain yang harus diselesaikan di sekretariat Komunitas Ngejah. Kang Ruli Lesmana, Kang Iwan Ridwan, Rini & Rosita, Abdul Aziz & Panji, Ai Erviani & Keukeu turut hadir dalam rombongan.

Pojok Baca Pasirwaja

Sesampainya di lokasi relawan GKM Komunitas Ngejah disambut oleh warga dan anak-anak. Mereka terlihat antusias, memberikan sambutan hangat. Kebetulan, Pasirwaja adalah salahsatu kampung yang sudah 3 kali dijadikan kegiatan GKM. Oleh sebab itu, kedatangan relawan GKM menjadi hal yang dinanti-natikan oleh masyarakat sekitar.

Kang Roni langsung membuka acara dengan memberikan motivasi membaca kepada warga dan para peserta GKM #22 kemudian dilanjutkan oleh Rosita selaku pembawa acara. Pada bagian ke dua dilanjutkan dengan acara mendongeng oleh Dede Rofi dan baca puisi oleh salah satu peserta GKM #22. Seteleh baca puisi dan dongeng acara dilanjut kembali dengan sambutan  Kang Iwan Ridwan selaku Koordinator Gerakan kampung Membaca yang isinya tentang motivasi membaca.

Setengah jam kemudian dilanjutkan dengan Reading bersama yang dikoordinatori langsung oleh Kang Iwan Ridwan dan dibagi menjadi 3 kelompok yaitu Kelompok usia PAUD dimentori oleh Keukeu & Ai erviani, Kelompok Usia SD dimentori oleh Dede Rofi & Rosita, dan kelompok SMP dan SMA dimentori oleh Rini. Pukul 15.10 tepat adzan ashar berkumandang para relawan GKM berhenti sejenak untuk melaksanakan Sholat Ashar berjamaah. Setelah sholat berjamaah selesai acara di lanjutkan kembali dengan game oleh Rini & Rosita, para peserta pun langsung bersemangat kembali.

GM 22.

Tidak terasa waktu begitu cepat dan para relawan pun harus mengakhiri kegiatan GKM pada hari itu. Acara di tutup oleh kang Roni sekaligus penyerahan Al-Qur’an dan Iqro, rak buku beserta bukunya untuk program pembangunan  Pojok Baca Pasirwaja.

Ustadzah Elis selaku tokoh yang diamanahi untuk mengelola Pojok Baca menyatakan sangat senang dengan di dirikannya Pojok Baca di kampungnya. “Kami sangat berterimakasih kepada Komunitas Ngejah yang sudah membantu memberikan motivasi serta menyemangati anak-anak di Kampung Pasirwaja untuk semangat belajar, semoga kegiatan seperti ini terus berlanjut ke Kampung kami. Dan untuk keberadaan Pojok Baca Pasirwaja, insya Alloh akan kami kelola dengan baik”. Ujar Ustadzah Elis sambil menerima Hibah Al-qur’an dan Iqro.

Penulis:

Roni Nuroni (Pengurus Komunitas Ngejah)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s