HIBAH BUKU UNPAD “Berbagi Buku, Berbagi Ilmu”

Posted on Updated on

Ketua TBM aiueo Komunitas Ngejah Menerima Hibah Buku UNPAD
Ketua TBM aiueo Komunitas Ngejah
Menerima Hibah Buku UNPAD

Minggu (2/11) bertempat di Sudut Baca SoreangTbm Aiueo Komunitas Ngejah menjadi salahsatu dari 14 TBM yang menerima hibah buku UNPAD. Penyerahan buku dilakukan Staf Ahli Lembaga Pengembangan Kemahasiswaan dan Alumni Unpad yang juga diamanahi sebagai ketua Pengabdian Pada Masyarakat “Berbagi Buku, Berbagi Ilmu” Wina Erwina, yang ditemani Asep Saeful Rohman selaku dosen Ilmu Perpustakaan UNPAD  dan beberapa orang mahasiswa baru angkatan tahun 2014/2015. Kegiatan Hibah Buku berupa sumbangan buku dari seluruh mahasiswa baru dari berbagai program studi yang ada di UNPAD, yang diberikan kepada TBM, Perpustakaan Sekolah dan Perpustakaan Desa yang tersebar di Jawa Barat. Dalam kesempatan tersebut Wina Erwina selaku ketua Pengabdian Pada Masyarakat Hibah Buku UNPAD dan juga dosen Ilmu Perpustakaan mengatakan bahwa program Hibah Buku UNPAD merupakan program yang terus digulirkan setiap tahunnya.

Asep Saeful Rohman dalam Diskusi Literasi Informasi Hibah Buku UNPAD
Asep Saeful Rohman dalam Diskusi Literasi Informasi Hibah Buku UNPAD

Lebih Lanjut, Wina menyatakan bahwa hibah buku untuk TBM dilakukan dengan cara berkoordinasi dengan Sudut Baca Soreang sebagai salahsatu TBM yang sudah malang melintang dalam dunia TBM, hal ini bertujuan untuk mempermudah cara memilih TBM yang benar-benar aktif dalam gerakan literasi di Jawa Barat, sehingga hibah buku tersebut tepat sasaran dan tentunya akan bermuara pada kebermanfaatan bagi masyarakat. Hibah Buku UNPAD menurutnya adalah salah satu cara menyalurkan kepedulian mahasiswa bagi dunia baca Indonesia.

Sebagaimana tema Hibah Buku UNPAD, “Berbagi Buku, Berbagi Ilmu” selepas dilaksanakannya penyerahan buku, UNPAD juga melalui Wina Erwina dan Asep Saeful Rohman melakukan sedekah ilmu melalui kegiatan diskusi literasi informasi. Bertindak sebagai moderator diskusi, Agus Munawar yakni ketua Sudut Baca Soreang. Dalam kesempatan ini, Agus memberikan prolog berupa ucapan terimakasih kepada Pihak UNPAD yang sudah mau berbagi dengan memberikan hibah buku kepada TBM.

Wina Erwina dalam Diskusi Literasi Informasi Hibah Buku UNPAD
Wina Erwina dalam Diskusi Literasi Informasi Hibah Buku UNPAD

Pada acara diskusi, Wina Erwina menekankan pentingnya para pegiatn TBM untuk menangkap dan merekam pengetahuan lokal yang ada di daerahnya masing-masing. Wina merasa prihatin dengan banyaknya pengetahuan-pengetahuan lokal yang lesap tanpa pernah direkam atau didokumentasikan. Membentuk individu yang memiliki kemampuan dalam litearasi informasi dalam menentukan, memilah dan memilih informasi sehingga menghasilkan output informasi yang bermanfaat dalam mengatasi masalah-masalah sehari-hari. Sedangkan Asep saeful Rohman, menjelaskan tentang pentingnya para pelaku TBM agar tidak hanya mengumpulkan buku akan tetapi harus berupaya menciptakan literasi informasi bagi masyarakat sekitar. Pada penghujung acara, Asep berharap agar berbagai pihak mau membantu TBM sehinga perannya dalam membantu mencerdaskan masyarakat lebih meningkat, serta pelaku TBM-nya itu sendiri yang mau dan mampu berjejaring dengan berbagai pihak baik itu kampus, swasta, media dan berbagai pihak lainnya guna meningkatkan peran TBM dalam mencerdaskan masyarakat . NTA***

One thought on “HIBAH BUKU UNPAD “Berbagi Buku, Berbagi Ilmu”

    […] HIBAH BUKU UNPAD “Berbagi Buku, Berbagi Ilmu”. […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s