Kegiatan Sosial STMIK DCI Tasikmalaya di Komunitas Ngejah

Posted on Updated on

Bantuan STMIK DCI untuk Komunitas Ngejah
Bantuan STMIK DCI untuk Komunitas Ngejah

Minggu, 7 Desember 2014 Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) DCI mengunjungi Saung Komunitas Ngejah. Kunjungan kali ini merupakan kunjungan kedua kalinya, setelah sebelumnya, beberapa bulan ke belakang, tim STMIK DCI pernah mengunjungi Saung Komunitas Ngejah dalam rangka memberikan workshop internet sehat secara cuma-cuma kepada para pelajar Singajaya.  Dari pembicaraan singkat dengan rombongan STMIK DCI, motivasi mereka untuk kembali bertandang ke Saung Komunitas Ngejah semata untuk mengapresiasi gerakan literasi yang sedang digalakan oleh Komunitas Ngejah, apalagi diantara para pentolan Komunitas Ngejah terdapat alumni STMIK DCI.

Dikusi bersama STMIK DCI di Saung Komunitas Ngejah
Dikusi bersama STMIK DCI di Saung Komunitas Ngejah

Selain itu, sebagai kampus mereka ingin mencoba melibatkan diri dalam berbagai kegiatan sosial melalui Pengabdian Masyarakat. Oleh sebab itu, selain mengunjungi Saung Komunitas Ngejah dan memberikan buku, juga bertujuan untuk mengunjungi veteran yang ada di wilayah Singajaya serta memberikan sembako sealakadarnya.  Dalam kunjungan ini tim STMIK DCI terdiri dari Yamin Sofyan, S. Sos selaku Ketua Yayasan Digita Loka, serta beberapa orang dosen yang terdiri dari Agus Ramdani Nugraha, MT., Aneu Yulianeu, ST.,MM., Sarmidi, M.Kom., Sumarni, S.Pd., Deni Jakaria, ST., M.Kom. dan beberapa orang Mahasiswa.

Bincang santai dengan Pak Mahdi
Bincang santai dengan Pak Mahdi

Kegiatan di Saung Komunitas Ngejah dimulai sekitar Pukul 11.00. Acara diisi dengan diskusi santai, secara bergantian Tim STMIK DCI berbagi ilmu dan motivasi, serta mengapresiasi gerakan Komunitas Ngejah. Dari sekian tema yang bergulir, Yamin Sofyan memotivasi anggota Komunitas Ngejah yang sebagian besar merupakan pelajar, santri dan pemuda, untuk terus menutut ilmu. Selain itu, beliau berencana akan memberikan peluang beasiswa khususnya kepada para pelajar yang terlibat aktif dalam gerakan literasi yang diusung oleh Komunitas Ngejah. Setelah bincang ringan selesai,  secara simbolis Agus Ramdani Nugraha menyerahkan bantuan buku kepada pengurus Komunitas Ngejah. Diskusi santai ini, dihadiri oleh Kepala Desa Sukawangi, Hadiyansah. Melalui percakapan santai Hadiyansah mengucapkan terimakasih kepada Tim STMIK DCI yang telah mau berkunjung, serta mau mengapresiasi gerakan literasi yang memiliki markas di  desanya.

Foto Bersama STMIK DCI
Foto Bersama STMIK DCI

Sekitar pukul 13.00, Tim STMIK DCI ditemani pengurus Komunitas Ngejah, melanjutkan perjalanan untuk mengunjungi seorang Veteran yang bernama Mahdi. Mahdi ditemui di kediaman saudaranya di Kampung Sangiang Desa Pancasura Kecamatan Singajaya. Ketika dikunjungi, Mahdi sangat terlihat ramah menerima rombongan TIM STMIK DCI. Roni Nuroni sebagai salahseorang pengurus Komunitas Ngejah, mewakili tim STMIK DCI menyampaikan kedatangannya kepada sang Veteran, salahseorang pejuang negeri ini. Selepas mengerti kedatangan Tim STMIK DCI, Mahdi yang saat ini didera penyakit katarak banyak bercerita tentang pengalamannya semasa berjuang melawan Jepang. Beliau masih hafal betul cara menggunakan senapan, dan juga granat. Dalam kesempatan itu, Mahdi juga memeragakan bagaimana cara melempar granat untuk menyerang musuh. Yamin Sofyan yang mengaku sering mengunjungi Veteran sempat mencoba menanyakan latihan-latihan kemiliteran yang dialami Mahdi. Gelak tawa sesekali menjadi bumbu penghias obrolan. TIM STMIK DCI menyatakan kekagumanny terhadap daya ingat Mahdi, sang veteran. Sebelum berpamitan, Tim STMIK DCI yang diwakili salahseorang mahasiswa menyerahkan sumbangan berupa sembako. Acara pun diakhiri dengan foto bersama. (RL)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s