Kabar Jakarta Expo #2

Posted on Updated on

Diskusi Literasi bersama Gol A Gong
Diskusi Literasi bersama Gol A Gong

Jakarta Library and Archive Expo 2014, Jakarta Pusat Pelaksanaan Jakarta Library and Archive Expo 2014 di hari ke 2 Jum’at 12 Desember 2014 berlangsung sangat meriah dan semakin menambah ilmu serta silaturahmi. Acara yang di gagas oleh Badan Perpustakaan dan Kearsipan (BAPUSIPDA) DKI Jakarta yang bertempat di Lapangan Banteng Jakarta Pusat ini bukan hanya di ikuti oleh Pengurus Forum Taman Bacaan Masyarakat (FTBM) dan TBM yang ada di wilayah Jakarta saja, namun ada beberapa TBM undangan dari luar daerah baik tingkat Provinsi maupun Kabupaten. Para peserta dari luar wilayah DKI Jakarta yang turut ikut serta dalam acara tersebut Komunitas Buku Pontianak ( Pontianak), Rumah Baca Ujung Berung dan TBM Sukamulya Cerdas (Kota Bandung), TBM AIUEO Komunitas Ngejah (Kab. Garut), Sanggar Alam Kita (Kab. Bekasi), Rumah Baca UMI (Grand Bekasi) dan banyak lagi TBM lainnya terutama wilayah Jakarta. Selain di ikuti beberapa TBM acara Jakarta Library and Archive Expo 2014 juga di ikuti oleh berbagai penerbit ternama seperti Mizan, Percetakan Wali Songo, Mutiara Publishing, Kharisma Ilmu, PT. Gramedia Matraman serta Beberapa Perpustakaan dari berbagai Kementrian yang ada di Wilayah Jakarta diantaranya Perpustakaan TMII, Perpustakaan BPK, Perpustakaan UI dan banyak yang lainnya. Salah satu peserta dari Sanggar Alam Kita, Rian Hamzah mengatakan “ Acara seperti ini sangat penting, selain menambah ilmu juga menambah dan memperkuat tali silaturahmi antar TBM dari berbagai daerah serta bisa di jadikan bahan promosi TBM masing-masing kepada khalayak”.

Foto Bersama Gola A Gong
Foto Bersama Gola A Gong
Buku Pasukan Matahari Karya Gol A Gong
Buku Pasukan Matahari Karya Gol A Gong

Berbagai acara terus bergulir dan salah satunya di isi dengan diskusi tentang Literasi bersama penulis handal yang juga Pendiri Rumah Dunia di Banten yang selalu menjadi insfirasi banyak orang yaitu Gol A Gong. Dalam diskusi tersebut banyak hal yang di sampaikan terutama bagai mana gambaran serta motivasi pengelolaan TBM dan perpustakaan dengan baik serta beberapa trik tentang menulis. Gol A Gong mengatakan dalam diskusinya “ Karena kita berbasis TBM jadi Produknya yaitu Membaca dan Menulis. Dan menulisnya apa saja bebas termasuk salahsatunya untuk pendekatan terhadap kaum ibu maka menulislah tentang resep memasak sederhana”.  Lebih lajut juga Gol A Gong juga  Mengatakan bahwa menulis itu bukan menghayal karena di perlukan ilmunya yang cukup tinggi juga. Diskusi tersebut juga di ikuti oleh para Mahasiswa salahsatunya mahasiswa dari UI yang sedang belajar menulis. Selain acar diskusi juga Pelaksanaan Jakarta Library and Archive Expo 2014 juga di isi dengan berbagai pertunjukan seni music Band local dan tari jaipong. Selesai diskusi Gol A Gong Menyempatkan diri berkunjung ke stand-stand TBM dan Komunitas Menulis sambil mempromosikan Buku hasil cetakan ke 2 yang berjudul Pasukan Matahari.

Penampilan Grup Band Lokal Jakarta
Penampilan Grup Band Lokal Jakarta

TBM AIUEO Komunitas Ngejah sangat merasa terhormat menajdi undangan dan ikut berpartisipasi dalam acara tersebut dan sangat mengapresiasi karena mengkampanyekan Budaya Baca tulis kini bukan  hanya di lakukan oleh Komunitas-komunitas tertentu saja tapi sudah di laksanaka juga oleh pihak pemerintah melalui BAPUSPDA dan PERPUSNAS. Semoga kegiatan sperti ini menjadi kegiatan yang terus berkesinambungan sehingga minat baca masyarakat dan sadar akan perpustakaan akan semakin tinggi “ Karena setinggi apaun pendidikan seseorang tanpa membaca maka tetap tidak akan berpengaruh”. ***(RN)

One thought on “Kabar Jakarta Expo #2

    Informasi Pontianak said:
    15 Desember 2014 pukul 4:06 am

    di pontianak kapan acaranya ya…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s