# Edisi Kabar dari Sekolah (Pemilihan Ketua OSIS SMK Nashirul Huda Bojonggambir)

Posted on Updated on

Proses Pemilihan Ketua OSIS SMK Nashirul Huda Periode 2014/2015
Proses Pemilihan Ketua OSIS SMK Nashirul Huda Periode 2014/2015

Dalam upaya pembelajaran demokrasi kepada para siswa sejak dini, SMK Nashirul Huda Bojonggambir menggelar Pemilihan Ketua OSIS secara langsung di Lapangan Serbaguna SMK Nashirul Huda pada hari senin 15 Desember 2014. Kegiatan pemilihan yang dilaksanakan sebagaimana pemilihan presiden dan wakil presiden 2014 ini di awali dengan pemilihan MPK pada hari sebelumnya yang kemudian di lanjutkan dengan adanya seleksi Bakal Calon (BALON) Ketua Osis SMK Nashirul Huda Bojonggambir periode 2014/2015. Setelah terpilihnya bakal calon dilanjutkan dengan penyampaian orasi dari para Calon Ketua OSIS dan di sambut meriah oleh seluruh siswa yang lain.
Mekanisme pemilihan Ketua OSIS di SMK Nashirul Huda seperti ini merupakan agenda tahunan Pengurus OSIS sejak tahun 2010. Setiap siswa bergantian memberikan hak suaranya sebagaimana layaknya masyarakat memberikan hak suaranya untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden. Pemberian hak suara dari para siswa dimulai dari kelas X RPL A secara bergantian dan secara kebetulan pelaksanaan kegiatan ini tidak mengganggu Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dikarenakan sudah dilaksanakannya UAS, sehingga pembelajaran tidak efektif.

Hasil Perolehan Suara Pemilihan Ketua OSIS SMK Nashirul Huda
Hasil Perolehan Suara Pemilihan Ketua OSIS SMK Nashirul Huda


Mungkin metode pemilihan ini bukan hal yang unik namun yang pasti bisa menjadi pembelajaran yang baik bagi siswa sekolah terutama siswa setara SMA/SMK/MA karena secara usia sudah mendekati waktu usia memilih (17 Tahun). Metode yang digunakanpun agak berbeda yaitu dengan menuliskan nama calon ketua OSIS yang mereka jagokan di kertas yang sudah disediakan oleh panitia dan setelah menuliskan nama Calon dimasukan ke dalam kotak suara. Untuk mennsiasati pemilih ganda panitia melakukannya dengan absensi siswa perkelas.
Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan Efe Syafe’I mengatakan “Pemilihan seperti ini merupakan pembelajaran demokrasi secara langsung bagi seluruh siswa SMK Nashirul Huda. Sehingga kedepannya siswa sudah terbiasa dalam menghadapi Pemilu”. Dan semua calon pun menerima hasil suara yang mereka peroleh dengan hasil terpilihnya Atep Muhammad Ikhsan (Perwakilan Kleas XI RPL A) sebagai Ketua OSIS SMK Nashirul Huda periode 2014/2015.***(RN)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s