Menikmati Kemolekan Pantai Karang Paranje

Posted on

Relawan Komunitas Ngejah Berphoto di Pantai Karang Paranje
Relawan Komunitas Ngejah Berphoto di Pantai Karang Paranje

Banyak hal yang tak bisa dilupakan dari rangkaian kegiatan Road Show Gerakan Kampung Membaca dan Pembangun Pojok Baca Edisi Akhir Tahun 2014. Selain bisa bersilaturahmi dengan masyarakat pelosok yang berada di kampung-kampung Garut bagian selatan, mengajak mereka untuk membudayakan baca tulis, nonton film, bernyanyi bersama atau sekedar berbagi cerita, hal lain yang tidak kalah asiknya adalah menyusuri perjalanan yang menantang,  dan pada akhirnya berkesempatan untuk menikmati kemolekan tubuh Pantai Karang Paranje yang terletak di Kecamatan Cibalong Kabupaten Garut.

Turis Lokal Berphoto di Pantai Karang Paranje
Turis Lokal Berphoto di Pantai Karang Paranje

Berdasarkan Wikipedia diketahui bahwa Pantai Karang Paranje memiliki temperatur antara 17-27°C. Sinar matahari di pantai ini rata-rata terik dan mempunyai tiupan angin yang besar. Pantai ini mempunyai potensi wisata berupa keindahan alam pantai dengan terdapatnya gugusan karang di tepi pantai, sehingga pantai ini memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri. Di pantai ini juga dapat dinikmati suasana sore yang eksotis dari matahari terbenam (sunset) secara jelas. Luas area pantai ini 9 ha dengan luas kawasan sebesar 12-13 ha. Dari keseluruhan luas tersebut belum ada area yang dibangun untuk fasilitas pariwisata, dan hanya digunakan sebagai pemukiman penduduk, dan yang sama sekali belum digunakan untuk apapun sebesar 4 ha. Akan tetapi masyarakat setempat telah menyiapkan area tertentu yang akan dimanfaatkan untuk sektor Pariwisata. Di pantai ini hanya terdapat sebuah lapangan bola dan jembatan yang menghubungkan antara daratan dengan pesisir pantai Karang Paranje, serta sebuah danau alami yang sering digunakan masyarakat untuk menangkap ikan. Pantai ini memiliki konfigurasi lahan datar dengan kemiringan yang landai serta stabilitas tanah dan daya serap tanah yang baik. Jenis material tanah pesisir pantai berupa pasir halus berwarna putih dan gugusan batu karang yang membantang di daerah pesisir pantai. Perairan pantai berwarna biru, dengan bau air dan temperatur yang normal, serta kemiringan dasar laut yang sedang. Pantai ini termasuk kedalam kategori pantai yang stabil karena tingkat abrasi yang kecil dan memiliki tinggi gelombang rata-rata sebesar 1-2m.

Pemancing, Karang dan Ombak
Pemancing, Karang dan Ombak

Rumput laut merupakan flora laut yang dominan, sedangkan fauna laut yang dominan adalah ikan kecil, kerang dan siput. Salah satu keindahan pantai Karang Paranje adalah pasir yang berwarna putih bersih dengan panjang tepi pantai lebih dari 2.000 meter dan lebar 100-200 meter. Untuk daerah tepi pantai flora dominannya adalah pandan bidur yang daunnya dapat dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat anyaman.

Batas administrasi dari Pantai Karang Paranje ini adalah sebagai di sebelah utara berbatasan dengan Desa Singajaya, sebelah barat dengan kota Pameungpeuk, sebelah selatan dengan Samudra Hindia, dan di sebelah timur dengan Desa Cipatujah. Sedangkan batas alam pantai Karang Paranje adalah:

    Utara          : Perkebunan karet Mira-mare
    Barat          : Sungai Cimerak     
    Selatan        : Samudra Hindia
    Timur          : Pantai Cijeruk Indah

Meskipun sudah ada biaya masuk, namun sejauh ini, sepertinya pantai ini belum dikembangkan menjadi objek wisata secara serius. Padahal potensi keindahan alamnya sangat menjanjikan, sangat menarik bagi orang-orang yang hendak bertamasya, sekedar untuk melepas penat dari jeruji rutinitas atau makan bersama (botram) di atas hamparan karang . Hal ini terbukti dengan kehadiran turis-turis lokal yang sudah cukup banyak. Selain itu di beberapa titik, tampak juga para pemancing. Mereka duduk santai di atas karang, menunggu umpannya disambar ikan, serta menikmati gedebur ombak.*** (NTA)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s