Menggarap Video Klip “Abring-abringan” VoB

Posted on Updated on

VoB
VoB

Voice of Baqitos atau yang lebih akrab disebut VoB adalah band pelajar dengan personil siswi-siswi MTs Al-Baqiatussolihat yang berada di Kecamatan Banjarwangi Kabupaten Garut.  Selain unik, karena seluruh personilnya merupakan perempuan banyak nilai plus dari grup band yang satu ini. Berada di salahsatu kecamatan Garut bagian selatan, VOB mampu eksis, tidak hanya di daerahnya, namun sampai pusat kota Kabupaten. Sebagai bukti, seabreg prestasi pernah disabetnya. Salahsatunya, akhir tahun 2014 tepatnya pada 28 Desember VoB menyabet penghargaan juara ke 2 dan the best bassist (Widi VoB) pada ajang Festival Music Pelajar se-Kabupaten Garut “Music For Friendship” yang digelar di kampus STHG (Sekolah Tinggi Hukum Garut).

Selain sering mengikuti festival atau parade band, VoB seringkali manggung pada event-event yang dilaksanakan di berbagai komunitas atau bikin acara sendiri dengan tujuan menghibur masyarakat. Kedekatan VoB dengan komunitas-komunitas yang ada di wilayah Garut bagian selatan, dirasakan juga oleh Komunitas Ngejah. Selain sering saling mengunjungi, VoB pernah dua kali tampil pada hajatan Pelatihan Jurnalistik Pelajar yang diselenggarakan oleh Komunitas Ngejah. Melihat setumpuk prestasi yang ditorehkan VoB, terbesit pemikiran dalam benak relawan Komunitas Ngejah untuk mencoba mengapresiasinya. Dalam hal ini, maka tercetuslah sebuah ide untuk mencoba membuatkan video klip untuk salahsatu lagunya.

Photo Bareng VoB &  Komunitas Ngejah
Photo Bareng VoB &
Komunitas Ngejah

Demi merealisasikan keinginan tersebut, Minggu (18/01/15) sekitar pukul 11.00 relawan Komunitas Ngejah berkunjung ke Mts Al-Baqiatussolihat. Setibanya di basecamp Vob, kami berkesempatan melihat langsung latihan VoB.  Selain para personil, pada latihan kali ini, tampak juga hadir guru berdarah dingin yang tak lain adalah pelatih mereka yakni Erza. Jebolan IAIN (sekarang UIN) ini memang merupakan guru yang terkenal dekat dan begitu telaten mengantarkan anak didiknya menyabet prestasi. Banyak pengorbanan yang ia lakukan guna keberhasilan anak didiknya. Erza yang lebih akrab disapa Abah Erza, bersama personil VoB, dengan sangat ramah menyambut kedatangan relawan Komunitas Ngejah. Tentunya, hal ini menjadi suatu kehormatan untuk kawan-kawan Komunitas Ngejah bisa menyaksikan secara langsung latihan band VoB serta berdikusi tentang proses kreatifnya. Setelah beberapa lagu kami nikmati.  Suguhan khas sesame komunitas, yakni nasi liwet sudah tersaji. Tidak perlu menunggu lama, perut yang sedari tadi sudah mulai lapar segera terisi nasi liwet. Ternyata, selain mereka mahir memainkan alat musik, mereka juga begitu mahir dalam memasak. Sekitar pukul 14.15 acara inti dari kunjungan Komunitas Ngejah segera dieksekui. Setelah berbincang-bincang dengan Abah Erza dan personil, tentang konsep garap video klip. Ruli Lesmana salaku kameramen Komunitas Ngejah, bersama tim, segera mengambil gambar untuk kebutuhan video. Lagu “Abring-abringan” karya Abah Erza menjadi pilihan untuk kemudian divideokan. Pembuatan video klip berlangsung seru, gelak canda tawa kawan-kawan tak terhindarkan. Kawan-kawan VoB memerankan video klipnya dengan begitu piawai, bak artis. Selesai pengambilan gambar dan beberapa pekerjaan untuk garapan video klip, Roni selaku salahseorang pentolan Komunitas Ngejah mewakili tim berpamitan. Sebelum pulang, aksi photo bareng VoB dan Komunitas Ngejah di depan MTs Al-Baqiatussolihat menjadi acara terakhir.

Oleh : Rini Yunia/Komunitas Ngejah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s