Lomba Kinerja Kecamatan di Singajaya

Posted on

qwPada hakikatnya, penilaian sinergitas kinerja pada suatu instansi seperti kecamatan merupakan salah satu alat perekat kerukunan masyarakat melalui partisipasi, kerja sama, dan kemandirian masyarakat dalam pembangunan desa. Keberhasilan pembangunan desa bisa terwujud dalam peningkatan kualitas kehidupan masyarakat di bidang ekonomi, kesehatan, pendidikan, sosial budaya, politik, serta terpeliharanya lingkungan hidup yang mendukung pembangunan berkelanjutan yang dampaknya dapat dirasakan semua pihak. Dimana yang menjadi salahsatu bahan penilaian adalah bagaimana administrasi, pelayanan sosial kepada masyarakat, program-program yang telah berjalan. Itulah yang disampaikan ketua TIM Penilai Mlenik Numeryadi yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Pariwisata dan Kebuayaan Kab. Garut saat di wawancarai TIM Komunitas Ngejah.

qw1Pada hari kamis (29/01/2015) Kecamatan Singajaya kebetulan mendapat kesempatan untuk dievaluasi kinerjanya oleh TIM dari Pemerintahan Kabupaten Garut yang bertempat di Aula Kantor Kecamatan Singajaya.  Dalam pelaksanaan evaluasi ini juga dimaksudkan sebagai bentuk control kepada kinerja wilayah kecamatan dalam segala aspek, mulai dari Pelayanan, pendidikan, ekonomi, kepemudaan dan program lainnya yang berhubungan dengan masyarakat. Dengan penilaian inilah maka pemerintahan di kecamatan bisa mengetahui dimana letak kekurangan dan kesalahannya. Dengan demikian Kecamatan Singajaya bisa lebih baik lagi dimasa yang akan datang untuk melayani masyarakat di wilayah Kecamatan Singajaya.

Pada kesempatan itu juga yang hadir dan ditanyai bukan hanya staf kecamatan namun juga hadir para Kepala Desa, TIM PKK Kecamatan dan Desa, Koramil, Polsek setempat dan ormas kepemudaan. Dalam sambutannya Enyang Juanda selaku Camat Singajaya selain melaporkan kinerjaanya selama memegang tugas sebagai camat singajaya, beliau juga berharap bahwa dengan adanya evaluasi kinerja ini bisa menjadi kecamatan yang masyarakatnya produktif dan sejahtera sehingga tercipta masyarakat yang aman dan damai. “Kami berharap sekali dengan adanya evaluasi Kinerja ke Kecamatan Singajaya ini, bisa mengetahui dimana letak kesalahan dan kekurangan kami baik dalam pelayanan ataupun pendekatan kepada masyarakat. Kami juga berharap bisa mendorong masyarakat menjadi masyarakat yang produktif sehingga menjadi sejahtera serta bisa menciptakan rasa aman dan damai bagi semuanya”, ujar Enyang Juanda selaku Camat Singajaya.

qw3Dalam kesempatan ini juga menjadi kesempatan unjuk kerja memperlihatkan hasil karya makanan ringan olahan hasil ibu PKK Kecamatan dan Desa yang memanfaatkan bahan yang ada di lingkungannya masing-masing. Banyak hasil olahan makanan ringan yang di suguhkan mulai dari Puding Ubi, Combro, Cilok Abon, Cemprus, Kicimpring, Combring, Opak Ketan, Kicimpring Daun Singkong dan banyak lagi yang lainnya. Selain hasil olahan makanan ringan juga ada penampilan Qiroa’at yang disampaikan oleh salahsatu siswa tunanterta dari Sekolah Luar Biasa Yayasan Cahaya Al-Furqon Desa Sukawangi.***(Komunitas Ngejah/RN).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s