Mading Fest SMPN 2 Singajaya

Posted on Updated on

Mading Fest SMPN 2 Singajaya
Mading Fest SMPN 2 Singajaya

Suasana SMPN 2 Singajaya, Rabu, 25 Februari 2015, tidak seperti biasanya. Para siswa begitu sibuk, serius dengan pekerjaannya masing-masing, melakukan tahap finishing dalam mengkreasi Mading atau Majalah Dinding, yang di letakkan di atas meja yang disediakan oleh panitia. Sebanyak 14 kelompok sebagai perwakilan kelas, mulai kelas 7 sampai kelas 9, ditambah dengan kelompok Pramuka dan OSIS, terlibat dalam kegiatan Mading Fest, mereka berkumpul bersama memamerkan hasil karyanya. Menurut Putri, Ketua Osis SMPN 2 Singajaya Kabupaten Garut, Mading Fest atau Festival Mading merupakan program perdana periode kepengurusan 2015-2016. Kegiatan tersebut mengambil tema “All The Love Around Us” atau “Semua Cinta di Sekitar Kita.”  Lebih lanjut ia menuturkan bahwa kegiatan tersebut untuk tujuan menggali kreativitas siswa dalam budaya literasi. “Kegiatan ini merupakan wadah atau ruang untuk siswa SMPN 2 Singajaya menggali dan mengembangkan potensi dirinya, khusunya dalam bidang literasi. Dengan menulis dan berkreasi, saya percaya akan ada banyak potensi yang bisa mereka curahkan. Selain itu dengan melihat usia mereka yang tergolong termasuk usia remaja, di mana berbagai pergaulan negative seringkali menyeretnya ke lingkungan-lingkungan yang kurang bahkan tidak baik, maka perlu adanya ruang-ruang kreatif yang mampu memfasilitasi mereka untuk memanfatkan waktunya, dalam hal kebaikan.” ungkap Cep Erza Ekasusila, guru Bahasa Inggris sekaligus sabagai salahseorang guru yang setia mendampingi kegiatan tersebut dari awal sampai akhir.

Mading Fest SMPN 2 Singajaya
Mading Fest SMPN 2 Singajaya

Mading sarat dengan kreativitas karena di dalamnya terdapat kegiatan membaca, menulis, berdiskusi dan memadukan berbagai teknik untuk mewujudkan sebuah majalah dinding yang indah dan menarik. Sebagaimana penuturan Teguh, salahseorang guru yang diterlibat penuh membimbing siswa/siswinya untuk terlibat dalam kegiatan tersebut. “Semoaga kreativitas mereka semakin terasah dengan adanya kegiatan Mading Fest, ini.” Begitu imbunya, pada penghujung wawancara dengan tim Komunitas Ngejah. Menurut salahseorang peserta, Mading dibuat melalui rangkaian proses dengan membutuhkan waktu minimal satu minggu. Sebelum dipajangkan dalam event tersebut, sebelumnya para peserta mulai membuat karya secara berkelompok, dalam bentuk cerita pendek, puisi, gambar, berita, kaligrafi, hingga pernik-pernik dengan merujuk pada tema kegiatan “Semua Cinta di Sekitar Kita”. Karya yang sudah mereka buat, kemudian disusun dan dikreasi bersama di kelas masing-masing melalui media Mading. Setelah seleasi, kemudian Mading dikumpulkan dan dipamerkan si sebuah ruangan, untuk kemudian dinilai. Seperti yang terlihat oleh tim Komunitas Ngejah, beragam hiasan dan bentuk Mading, tersaji pada meja yang telah disediakan panitia. Begitu berfariasi dengan pernak-pernik yang cukup lucu.

MADING SMPN 2 SINGAJAYA 2Selain itu, Festival Mading antar kelas se-SMPN 2 Singajaya ini sangat unik dan menarik. Salahsatunya, bisa dilihat dari bentuk tahapan penilaian, yang meliputi sesi madding persentasi, madding critic, madding visit, madding final scoring dan madding selfie. Setelah melalui rangkaian penilaian di atas, akhirnya keluarlah pemenang hasil perlombaan yaitu juara 1 oleh kelas 8A, juara 2 oleh kelas 7D, dan juara 3 oleh kelas 9A. Menurut Cep Erza, kegiatan ini tidak hanya berhenti pada festival saja, namun pembinaan terhadap kepengurusan Mading akan semakin ditingkatkan. Selain itu, ke depan masing-masing kelas akan mengisi Mading secara bergiliran setiap dua minggu sekali. Hal yang juga tak kalah menariknya adalah, untuk memberikan nilai keteladanan, rencananya guru-guru SMPN 2 Singajaya tidak hanya membimbing siswanya untuk berkreaitivitas melalui media Mading, namun juga akan membuat Mading khusus untuk mereka isi dengan konten pembelajaran, seni sastra, gambar, kaligrafi dan konten lainnya.

Penulis:

Ruli Lesmana, bergiat di Komunitas Ngejah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s