Komunitas Ngejah di Pameran Buku Garut 2015

Posted on

11262504_10202850633105960_7118583429656515869_oPameran buku garut 2015 dengan mengusung tema “Gemar Membaca Mewujudkan Garut Bermartabat, Nyaman dan Sejahtera” di laksanakan pada tanggal 26-30 Mei 2015. Kegiatan tersebut merupakan salahsatu gerakan mrningkatkan minat baca, khususnya masyarakat Garut. Selain pameran buku ada beberapa acara yang diselenggarakan BAPUSIPDA Garut, mulai dari pentas seni pelajar, talkshow, seminar, launching buku, temu penulis, aneka lomba seperti menyanyi, dan lomba lainnya. Tempat yang menjadi ajang pameran buku garut 2015 kali ini adalah Bale Paminton Jalan Ahmad Yani No. 30 Garut. Selain tempatnya strategis, tempat ini juga sangat cocok untuk acara-acara besar seperti ini. Berada di pusat kota, dengan ruangan yang cukup besar, dan panggung utama yang cukup representative. Untuk menarik perhatian pengunjung, panitia penyelenggara menyediakan dor prize. Selain mengundang penerbit-penerbit dari Bandung, Jakarta dan beberapa kota yang berada diwilayah Propinsi Jawa Barat, juga  mengundang  komunitas-komunitas baca yang berada diwilayah Kabupaten Garut, salahsatunya adalah  Komunitas Ngejah. Tim Komunitas Ngejah yang hadir terdiri dari Kang Opik, Kang Roni, Kang Ruli, Kang Iwan, Kang Mondi, Kang Didi, Kang Dede, Bu Rini, Bu Nia, Sifa, Dodon, Naba dan Mila.

11251214_10202850641826178_6447048646496366257_oPada kegiatan ini Komunitas Ngejah diberi ruang untuk talk show, dengan tema besar “Bincang Bareng Komunitas Ngejah Seputar Gerakan Kampung Membaca”  Sebelum acara talk show dimulai, para relawan Komunitas Ngejah dipimpin oleh Kang Ruli Lesmana menyanyikan mars gerakan kampung membaca, selepas itu kawan-kawan ngejah Junior menyanyikan beberapa lagu anak serta membacakan beberapa puisi. Talkshow dipandu oleh Kang Roni Nuroni, salahseorang pengurus Komunitas Ngejah. Perkeanalan pertama sebagai prolog disampaikan oleh Kang Opik. Dalam hal ini, Kang Opik mencoba memberikan ulasan mengenai apa Komunitas Ngejah serta beberapa program utama yang diusungnya. Lebih lanjut, secara detail masing-masing pengurus mencoba memaparkan program Komunitas Ngejah. Namun, hal yang lebih khusus pada talkshow kali ini adalah pemaparan program Gerakan Kampung Membaca. Dalam hal ini, melalui Koordinator GKM, Kang Iwan Ridwan, Komunitas Ngejah menyampaikan secara rinci bagaimana program tersebut dirintis, hingga proses pelaksanaannya. Narasumber lainnnya yang hadi paka kesempatan ini adalah Ketua TPPKK Desa Sukawangi yaitu Bu Rini Nurani. Bu Rini memaparkan tentang pengelolaan pojok baca sekaligus pegiat TP PKK yang ikut menjadi relawan di Komunitas Ngejah.

11289007_10202850634065984_2486465831010527737_oTanya jawab pun terjadi, beberapa pengunjung yang menghadiri acara talk show menanyakan beberapa hal seperti hambatan yang di hadapi kawan-kawan komunitas ngejah dan lain sebagainya. Salahsatunya pertanyaan dilontarkan oleh seorang siswa SMA dari anggota Komunitas Cinta Baca yang menanyakan tentang bagaimana konsep Gerakan Kampung Membaca dalam mengajak manyarakat supaya sadar membaca. Pertanyaan ini dijawab oleh Kang Roni Nuroni, dan kawan-kawan relawan lainnya. Tiga jam waktu yang diberikan oleh panitia akhirnya habis. Komunitas Ngejah melalui Kang Opik menutup talk show dengan pernyataan-pernyataan yang mengajak seluruh masyarakat Garut untuk saling bahu membahu memajukan Garut, salahsatunya melalui gerakan literasi.  Kegiatan diakhiri dengan pemberian hibah buku dari panitia kepada tim Komunitas Ngejah.

Penulis Dede Rofie (Relawan Komunitas Ngejah).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s