Gerakan Kampung Membaca Episode 35

Posted on Updated on

Kegiatan Membaca Bersama di Gerakan kampung Membaca #35
Kegiatan Membaca Bersama di Gerakan kampung Membaca #35

Semuan orang tahu, bahwa membaca merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat. Namun, hal itu kemudian tidak serta merta menjadi modal untuk menumbuhkan kebiasaan membaca pada setiap individu. Dalam hal ini maka perlu pembiasaan diri, sedikit demi sedikit menyempatkan waktu untuk mau membaca. Bahwa sesunggunnya sesuatu kebiasaan yang bermanfaat pada awalnya harus kita paksakan, dengan harapan lambat laun akan mencapai predikat biasa.

Dalam hal ini, ikhtiar yang dilakukan oleh Komunitas Ngejah tak henti-hentinya terus memberikan motivasi bagi diri dan mengajak masyarakat untuk gemar membaca melaluli Gerakan kampung Membaca. Kali ini Gerakan Kampung Membaca memasuki Episode #35 dengan lokasi di Kampung Padasuka Desa Banjarwangi Kecamatan Banjarwangi Kabupaten Garut. Pada Episode kali ini, Gerakan Kampung Membaca ditndaklanjuti secara langsung dengan dengan Pembangunan Pojok Baca yang ke 22 dengan nama “Pojok Baca Padasuka”.

Kang Roni Nuroni Membuka acara dan memberikan pengantar pada GKM #35
Kang Roni Nuroni Membuka acara dan memberikan pengantar pada GKM #35

Sabtu 11 Juli 2015 sekitar pukul 14.00 para relawan Komunitas Ngejah bersiap-siap mengemas buku yang akan dibawa ke Kampung Padasuka-Banjarwangi untuk Geraka kampung Membaca. Para relawan digawangi kang Ruli Lesmana, Dede Roffi, Roni Nuroni, Ai Nurhalimah, dan tentunya seperti biasa ada Ngejah Junior yaitu Sifa dan Milla bergerak bersama. Setelah mengemas buku dan rak, maka para relawan langsung berangkat menuju lokasi Gerakan kampung Membaca. Ditengah perjalanan para relawan berhenti sejenak untuk menunggu salahsatu relawan lainnya yang bernama Siti Fauziah yang bergabung menuju Lokasi GKM. Sesampainya di lokasi, para relawan Komunitas Ngejah disambut dengan riuh, senyum penuh semangat para santri, anak-anak sekitar lokasi kegiatan. Karena waktu sudah menunjukan Pukul 15.00 akhirnya para relawan Komunitas Ngejah memutuskan untuk menunggu adzan asar untuk melaksanakan sholat berjamaah yang dipimpin kang Roni Nuroni.

Dede Rofi sedang mendongeng di Depan anak-anak Peserta GKM 35 Kp. Padasuka Banjarwangi
Dede Rofi sedang mendongeng di Depan anak-anak Peserta GKM 35 Kp. Padasuka Banjarwangi

Tidak menunggu lama setelah sholat asar selesai, semua relawan langsung menuju  madrasah untuk memulai kegiatan inti Gerakan Kampung Membaca. Begitu sudah di ruangan Kang Roni Nuroni mambuka acara dan memberikan pengantar serta memperkenalkan para relawan yang ikut dalam rombongan tersebut. Dilanjutkan dengan dongeng dari Dede Rofi tentang pentingnya membaca dan menghargai orang tua. Selepas dongeng berakhir, kang Roni mencoba memancing keberanian anak-anak untuk berani mengungkapan serta mengulas dongeng yang diceritakan dede Roffi tadi. Dan ternyata ada yang berani menyampaikan pendapat serta ulasan dongeng tersebut. Ini tentu membuat kami merasa bahagia, menyaksikan keberanian anak-anak untuk mau menyampaikan pendapatnya.

Siti Fauziah membaerikan Motovasi dari pengalamannya suka membaca
Siti Fauziah membaerikan Motovasi dari pengalamannya suka membaca

Melihat semangat anak-anak walupun sedang berpuasa, para relawan makin bersemangat juga melanjutkan acara. Kali ini giliran Siti fauziah berkesempatan mengisi acara GKM dengan memberikan motovasi dan pengalaman dari kegiatan rajin membaca yang ia lakukan. “Dengan membaca akan menambah wawasan dan pengalaman serta pengetahuan yang banyak untuk kita, namum kalau bisa setiap kita membaca harus dibarengi dengan hati yang baik dan mendalami apa yang kita baca sehingga kita akan merasakan hasil dari apa yang kita baca”. salahsatu bagian motivasi yang disampaikan oleh Siti Fauziah. Selepas Siti Fauziah, giliran Ai Nurhalimah memberikan motivasi membaca dengan beberapa lagu keceriaan yang membawa anak-anak menjadi lebih semangat.

Foto Bersama anak-anak Gerakan kampung Membaca Episode #35 Kp. Padasuka Banjarwangi
Foto Bersama anak-anak Gerakan kampung Membaca Episode #35 Kp. Padasuka Banjarwangi

Akhirnya sampai pada acara inti, anak-anak diajak untuk membaca bersama sesuai pilihan masing-masing. Buku-buku yang kami bawa segera berpindah tangan dari dus, ke dalam genggaman anak-anak.  Selama 30 menit anak-anak membaca buku dengan asik dan penuh semangat. Ketika jam sudah menunjukan pukul 17.30, kami pun mengakhiri acara dengan penyerahan Buku dan Rak Buku Pojok Baca Padasuka kepada pengelola, yang kemudian dilanjutkan dengan ritual wajib foto bersama di halaman madarasah. Semoga kegiatan ini dapat memacu dan menambah motivasi masyarakan akan gemar membaca karena dengan masyarakat yang rajin membaca, bangsapun akan maju.***KN-RN.

2 thoughts on “Gerakan Kampung Membaca Episode 35

    lombokceplus said:
    18 Juli 2015 pukul 11:54 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s