Berkunjung Ke Saung Komunitas Ngejah

Posted on Updated on

11703192_506267129524971_9113164424119398705_nkomunitas ngejah yang telah berdiri sejak tahun 2010 ini adalah sebuah komunitas yang bertujuan utk menambahkan dan memperkuat kecintaan masyarakat terhadap membaca.

Sebuah tempat yang dimana setelah kita menginjakan kaki dan melihat tempat ini akan memunculkan rasa senang, tenang nyaman terutama bagi para pecinta baca.

1’th pertama, 2thn kemudian bahkan sampai 3thn selama berdirinya tempat ini pun saya belum begitu tau tentang komunitas ngejah, sampai akhirnya 4thn berjalan saya sering mendengar cerita-cerita menarik dari teman-teman tentang komunitas ini.

Saya pun sering melihat mereka tampil eksis dengan kegiatannya di sosial media, sering masuk di berbagai surat kabar, bahkan sering muncul di televise-televisi nasional.

Saya semakin penasaran dengan Komunitas Ngejah begitu pun dengan tempat dan suasananya, kebetulan tempatnya pun berada di desa sukawangi, desa saya di lahirkan dan di besarkan.

Saking penasaran dan saya hobi membaca, akhirnya saya memberanikan datang ke tempat ini ditemani beberapa teman yang lain. Dan ternyata benar, 3 hal yang langsung saya rasakan ketika berkunjung ke tempat ngumpulnya Komunitas Ngejah, menyenangkan, menenangkan dan suasananya nyaman. Sebuah saung yang nyaman pas untuk membaca dan beberapa rak buku, tapi sayang saat saya berkunjung sedang musim libur. Dan kami pun menuju ke sebuah ruangan yang dinamakan ruang buku dan disambut hangat oleh pak ruli (saya sih manggilnya a ruli) ia salah satu pendiri komunitas ngejah, dan wooww memang benar sesuai namanya di dalam ruangan itu jajaran buku ratusan atau bahkan ribuan macam buku, mulai dari buku novel, komik, buku pengetahuan dll. mata saya langsung tertuju pada rak yang isinya khusus kumpulan buku komik. sambil saya dan teman-teman memilih buku-buku yang mau dipinjam, a ruli yang dengan santaianya mengajak kami berbincang-bincang mengisi keheningan. banyak yang ia tanyakan aktifitas kami saat ini apa? setatus kami saat ini apa? sekolah atau kerjakah? dan masih ada perbincangan-perbincangan lainnya.

Pokoke berkunjung ke Saung Komunitas Ngejah asyikk… terus berkarya, berbagi, bersama ya, Komunitas Ngejah dan semangat gerakan kampong membacanya semakin bergairah dan terus maju.

Penulis: Roroh Rahmahapisah (Pengunjung/Anggota Komunitas Ngejah)

2 thoughts on “Berkunjung Ke Saung Komunitas Ngejah

    Sekar said:
    6 Oktober 2015 pukul 4:55 pm

    saya selalu kagum dengan komunitas ini yang konsisten mencerdaskan anak-anak dengan buku, aktivitas membaca, dan sejenisnya. Saya juga sedang dalam proses mematangkan konsep TBM. Baru itu saja, rasanya sudah banyak batu di depan kaki, mengganjal, sulit.

    Coba admin mungkin kapan-kapan bisa berbagi tulisan mengenai cara membuka sebuah komunitas dan tips menjaga konsistensi. 🙂 Terus menginspirasi, komunitas ngejah!

    Sandi Iswahyudi said:
    8 Oktober 2015 pukul 1:37 am

    Sukses selalu senang banyak komunitas semacam ini. Kalau di Malang saya ikut di Komunitas Gerakan Sadar Kebaikan Buku, mereka lebih berfokus pada anak2 yatim untuk menumbuhkan minat baca mereka

Tinggalkan Balasan

