FORUM JABARACA RESMI TERBENTUK

Posted on

jabaracaDalam rangka meningkatkan budaya baca masyarat Jawa Barat berbagai upaya terus ditempuh oleh BAPUSIPDA Jawa Barat di bawah kepemimpinan Tati Iriani. Salahsatu usaha tersebut, yaitu dengan mempelopori pembentukan Forum Perpustakaan Desa/Kelurahan yang diselenggarakan pada tanggal 30 November 2015. Pada kesempatan tersebut para pegiat literasi dari berbagai kalangan sebagai perwakilan kabupaten/kota di Jawa Barat sengaja diundang.

Kegiatan pembentukan Forum Jabaraca dimulai dengan talkshow yang diisi oleh Kepala Desa Majasari Kabupaten Majalengka dan Lurah Sindangsari Kota Sukabumi, masing-masing sebagai pengelola perpustakaaan berprestasi, serta  Wien Muldian sebagai aktivis literasi. Pada sesi ini, ketiganya memaparkan pengalaman masing-masing dalam menggelorakan semangat membaca. Wien Muldian sebagai aktivis literasi menitikberatkan pada bahaya gadget yang mengurangi bahkan meniadakan budaya membaca pada diri anak-anak zaman sekarang. Sementara itu, Martono sebagai Kepala Desa Majasari mengakui bahwa perkembangan perpustakaan di desanya tiada lain karena kerjasama semua pihak, baik itu pemerintah, para pemuda dan juga masyarakat. Selanjutnya, Lurah Sindangsari  lebih menyoroti pada upaya kreatif agar para pengunjung perpustakaan tidak jenuh. Beliau menyatakan bahwa “Kegiatan perpustakaan sebisa mungkin harus beragam. Lebih lanjut, harus mengajarkan kemandirian, seperti dengan menyelenggarakan pelatihan ekonomi kreatif dengan melibatkan berbagai pihak., salahsatunya swasta yang mau menjadi donor kegiatan. Dengan demikian, para pengunjung akan semakin getol untuk datang ke perpustaakaan”

Setelah melalui musyawarah, akhirnya terpilih Ketua Forum Perpustakaan Desa/Kelurahan yaitu Agus Munawar. Seorang pegiat literasi senior yang sudah malang melintang dalam dunia pengembangan budaya baca. Sebelumnya, Agus pernah menjadi Ketua FTBM Jawa Barat sejak 2005-2010, kemudia menjadi Pengurus Pusat Forum TBM periode 2010-2015, serta sukses menjadi Sudut Baca Soreang sebagai komunitas literasi yang memberikan layanan kepada masyarakat. NTA

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s