Gerakan Kampung Membaca 38, kesan pertamaku menjadi relawan

Posted on Updated on

ai dan seli
Ai dan Selli membuka kegiatan Gerakan Kampung Membaca episode 38

Minggu, 06 Desember 2015, pukul 10.00 WIB, para penggiat dan juga relawan dari Komunitas Ngejah kembali bergerak, melakukan kegiatan rutin akhir pekan yaitu GKM  atau Gerakan Kampung Membaca. Lokasi yang kami datangi ialah Kampung Paniman Desa Girimukti Kecamatan Singajaya Kabupaten Garut. Lokasi tersebut menjadi lokasi pertamaku ikut berkecimpung dalam kegiatan Gerakan Kampung Membaca ini. Senang rasanya ikut terjun langsung bergerak dan berbaur dengan anak-anak, mengajak mereka untuk bersama-sama mengenal dunia melalui kegiatan membaca.

GKM 38...
Para peserta GKM 38 sedang asik menikmati bahan bacaan

Kegiatan GKM ini dipimpin langsung oleh kordinator Gerakan Kampong Membaca yaitu pa Iwan Ridwan bersama Wapres Komunitas Ngejah yaitu Kang Roni Nuroni dan Kang Ruli sebagai sekretaris Komunitas Ngejah sekaligu juru potret yang selalu mengabadikan setiap kegiatan Gerakan Kampung Membaca.  Adapun relawan lain yang juga ikut terjun langsung diantaranya salah satu sahabat saya Bu Ai Nurhalimah dan Ade Lukman, bahkan para pelajar pun ikut berpartisipasi dan meramaikan kegiatan Gerakan Kampung Membaca. Ada Jejen yang merupakan pelajar dari SMK Riyadllul Huda, ada juga Desi dan Wulan yang merupakan pelajar dari SMA N 20 Garut.

Sebelum berangkat, kami berdiskusi, berkumpul dan menyiapkan apa saja  yang akan kami bawa ke lokasi. Hal lainnya, tentu saja pembagian tugas untuk mengisi kegiatan GKM. Persiapan ini dipimpin langsung oleh Kang Nero sebagai Presiden Komunitas Ngejah.  Setelah selesai berdiskusi kami pun segera berangkat menuju lokasi. Pengalaman pertama ikut GKM sangat menarik. Antusias  anak–anak dengan sambutan yang hangat dan wajah yang ceria. Tak menunggu lama kami pun langsung bergerak dan meramaikan kegiatan tersebut.  Acara pertama perkenalan antara kami dan anak–anak disana. Setelah itu ,Bu Ai Nurhalimah mendongengkan sebuah cerita yang berjudul “Kura–Kura Memanjat  Pohon” Kesimpulan dan pesan dari cerita itu adalah “bahwa kita harus semangat dan pantang menyerah tetap berdoa dan berusaha”, selanjutnya adalah motivasi membaca dimana pesan yang disampaikan yaitu “kita harus rajin, gapai semua cita-cita dan dunia dengan membaca, karena kita adalah akar generasi penerus bangsa”. Setalah mendongeng dan motivasi membaca, dilanjutkan dengan membaca berbagai buku yang sudah disiapkan. Pada sesi ini relawan segera ambil bagian untuk menjadi mentor.  anak-anak pun bergembira membaca semua buku-buku yang ada.

12309610_10203711760033595_6566553758954057619_o
Ade dan Jejen menjadi mentor pada kegiatan membaca bersama

Waktupun berlalu begitu cepat dan tibalah waktu Solat Dzuhur kami menghentikan aktivitas dan melaksanakan shalat berjamaah yang dipimpin oleh Kang Roni Nuroni. Setelah shalat selesai, kami pun melanjutkan acara kembali yaitu dengan sesi ruang karya. Anak–anak menuangkan karya-karya mereka ke dalam sebuah kertas. Hasil karya yang terbaik diberi reward  dan akan di pajang di Mading Balarea yang ada di halaman saung Komunitas Ngejah. Kemudian acara dilanjutkan oleh Kang Iwan Ridwan. Beliau menyampaikan bahwa “Membaca adalah jendela dunia, maka dunia akan berada dalam genggaman kita jika kita mau membaca. Acara terakhir yaitu acara bernyanyi, menari bersama dan pembagian hadiah berupa buku dan permen.

Karya GKM
Karya Peserta Gerakan Kampung Membaca episode 38

Ah, senang rasanya melihat anak-anak bersemangat untuk membaca dan berbagi, bercerita tentang dunia dan masa depan. Sungguh saya tidak sabar untuk mengikuti kegiatan Gerakan Kampung Membaca episode selanjutnya. Akhirnya acara demi acara telah terlewati dan kang Roni menutup kegiatan tersebut dengan menguatkan kembali dengan mengatakan “Berapa banyak buku yang dibaca dalam sebulan? Maka baca, baca, bacalah buku sebanyak mungkin!”  setelah itu Kang Roni mengajak semua relawan dan peserta memanjatkan doa, supaya kegiatan tersebut bermanfaat dan diberkahi oleh Alloh, SWT. Sebelum pulang, kami pun pamitan kepada warga sekitar, dan tentu saja kepada anak-anak peserta Gerakan Kampung Membaca.

Dalam perjalanan menuju pulang kami mampir dahulu di rumah salah seorang relawan Komunitas Ngejah yang bernama Iis.  Rumahnya berada di Kampung Leuwirancak RT. 01 RW. 01 Desa Sukamulya Kecamatan Singajaya dengan tujuan menengok ibunya yang sedang sakit. Ternyata perjalanan menuju rumah Iis sangatlah tidak mudah karena kami harus melewati sasak rawayan yang begitu menegangkan dan ternyata lokasi tersebut merupakan lokasi Gerakan Kampung Membaca minggu lalu episode ke-37.  Setiba di rumahnya kami pun langsung bersilaturahmi, berbincang-bincang dengan ibunya . tanpa terasa senja menghias langit. Kami pun bergegas pulang dan mendoakan ibunya supaya lekas sembuh kembali seperti sediakala*** Selli-Relawan Komunitas Ngejah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s