Gerakan Kampung Membaca Edisi Akhir Tahun 2015

Posted on Updated on

GKM 2015Jika kita menulis kalimat “budaya baca masyarakat Indonesia” maka hasil penelusuran pada mesin pencari google mayoritas akan mengungkap mengenai rendahnya budaya baca. Tentu saja hasil tersebut bukan merupakan cerita rekaan, namun merupakan hasil penelitian yang dilengkapi data. Menyikapi kondisi tersebut banyak pihak melakukan berbagai usaha guna meningkatkan budaya baca masyarakat.  Seminar dan workshop peningkatan budaya baca, deklarasi gerakan membaca di berbagai daerah, tumbuh kembangya TBM dan Perpusdes di berbagai pelosok, merupakan sebagian kerja mencari solusi diantara sekian banyak cara yang kemudian bergulir demi mengatasi rendahnya budaya baca di republik ini. Dalam hal ini, Komunitas Ngejah sebagai gerakan anak muda yang menasbihkan diri sebagai gerakan literasi, tidak mau ketinggalan untuk terus melakukan ikhtiar meningkatkan budaya baca diri pribadi dan juga masyarakat sekitar. Selain mendirikan dan mengelola Taman Baca aiueo sebagai suborgan Komunitas Ngejah yang konsen melayani kegiatan membaca dan peminjaman buku setiap hari sejak pukul 08.00-20.00, ragam cara coba ditempuh, dua diantaranya yaitu Gerakan Kampung Membaca dan Pembangunan Pojok Baca.

Spesial menghadapi libur akhir tahun, sejak dua tahun terakhir Komunitas Ngejah mengemas Gerakan Kampung Membaca menjadi Gerakan Kampung Membaca Edisi Akhir Tahun dalam bentuk safari sekaligus Pembangunan Pojok Baca di beberapa lokasi dalam satu rangkaian kegiatan. Pada kegiatan GKM Edisi Akhir Tahun 2015, selain mengunjungi lokasi baru Gerakan Kampung Membaca sekaligus Pembangunan Pojok Baca baru, juga akan mengunjungi kampung-kampung yang pernah menjadi lokasi kegiatan GKM dan telah memiliki Pojok Baca demi memupuk gerakan yang telah tumbuh. Kegiatan GKM edisi akhir tahun, rencananya akan dilaksanakan sejak tanggal 24 sampai 29 Desember 2015. Lokasi pertama kegiatan akan dilaksanakan di pertigaan Ojeg Surapati (Perbatasan Garut dan Tasikmalaya). Di lokasi tersebut, rencanya akan dibangun sebuah Pojok Baca, sesuai permintaan Soso, salahseorang sesepuh Ojeg Surapati sekaligus pemilik warung. Lokasi sasaran lainnya tersebar di beberapa kecamatan yang meliputi, Bojonggambir (Kabupaten Tasikmalaya), Singajaya, Peundeuy, Cisompet dan Cibalong (Kabupaten Garut).  Pada pelaksanaannya, selama enam hari relawan Komunitas Ngejah akan mengunjungi 7-10 kampung sebagi lokasi GKM. Dari 7-10 kampung tersebut, ada 3 kampung yang akan dijadikan lokasi pembangunan Pojok Baca. Di beberapa kampung, relawan akan menginap di rumah warga, menggelar nonton film ala layar tancap serta berdiskusi seputar budaya baca dan tektek bengek mengenai kondisi kampung tersebut dan tentu saja ngaliwet bareng. Siang harinya, relawan akan menggelar Gerakan Kampung Membaca dengan bentuk kegiatan: membaca bersama, mendongeng, baca puisi, permainan konsentrasi dan aneka macam kegiatan lainnya.

Pola Gerakan Kampung Membaca merupakan kesadaran bahwa meningkatkan budaya baca tidak mungkin hanya selesai dengan kegiatan seminar dan workshop atau deklarasi bersama serta menunggu para pengunjung untuk membaca di Saung Komunitas Ngejah, namun harus ada gerakan lanjutan yang mencoba menyentuh langsung ke masyarakat pelosok. Sementara pola pembangunan Pojok Baca adalah upaya tersendiri menggalang kekuatan, melibatkan banyak relawan untuk bekerjasama meningkatkan budaya baca, mengelola Pojok Baca. Secara umum para relawan pengelola Pojok Baca Komunitas Ngejah adalah ajengan, pegiat posyandu, tukang warung dan aktivis pemuda kampung. Namun, dengan sepenuh hati Komunitas Ngejah menyadari bahwa serangkaian kegiatan tersebut hanya pemantik, ikhtiar kecil meningkatkan budaya baca. Diluar kesadaran masyarakat, keberhasilan gerakan tentu saja terletak pada keberadaan relawan di setiap lokasi kegiatan yang khusyuk menggelorakan semangat membaca, pemerintah setempat serta pihak terkait yang melek akan pentingnya budaya baca.***NTA

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s