Gerakan Kampung Membaca Edisi 57

Posted on

Ini merupakan kali ke-2 aku mengikuti GKM (Gerakan Kampung Membaca) edisi 57 bersama teman setiaku Rina. Setelah mengikuti GKM sebelumnya aku merasa ada perasaan bahagia ketika melihat anak-anak semangat membaca, itu yang membuatku juga semakin semangat.  Pada hari Jum’at, 18 November 2016 kegiatan GKM dilaksanakan di Kp. Citeureup Ds. Sukawangi Kec. Singajaya Kab. Garut. Kp. Citeureup ini merupakan salah satu kampong perbatasan antara Tasikmalaya dan Garut. Karena hari Jum’at aku pulang sekolah pukul 10.30 WIB sedangkan GKM dimulai pukul 13.00 WIB. Aku dan temanku Rina alias Nose memutuskan untuk tetap di sekolah, biasa wi-fian dulu hehe. Sekitar pukul 12.10 WIB kita berangkat tapi kita singgah dulu di warung bakso karena sudah lapar. Oh iya, yang jadi relawan GKM kali ini nggak cuma aku dan Rina, ada relawan baru satu sekolah dengan kita mereka baru pertama ikut kegitan GKM ini diantaranya ada Retty, Rahifa, Tania, dan Iska. Semuanya anak IPA, kayak promosi hehe. Pukul 13.45 WIB kita semua berangkat ke TKP. Untuk mencapai ke TKP ternyata medannya sungguh mengundang adrenaline  karena jalan yang berliku dan turunan yang cukup tajam. Kata Kang Budi olahraga yang dapat membakar kalori dengan cepat dan efektif yaitu adventure yang mengundang adrenaline.

            Kalau sebelumnya GKM bertempat disebuah madrasah sehingga aku harus menanggung malu gara-gara saltum, tapi kali ini GKM bertempat di Pojok Baca yang dikelola oleh ibu Idah. Kegiatan dimulai dari pukul 14.15 s.d 16.00 WIB. Peserta yang datang hanya dari PAUD sampai SD, walaupun tidak sebanyak dari GKM sebelumnya tapi kita semua tetap semangat. Acara dimulai dengan pembukaan oleh Teh Ai. Mendongeng oleh Syifa, ngejah junior dan dibantu oleh Sam dan Kang Budi. Selanjutnya game seru bareng Teh Seli. lalu baca buku bersama dan pembagian mentor. Ada yang lucu dari Rina temanku, dia mendapat bagian mentor dari PAUD yang hanya berjumlah dua orang, nah ketika Rina mau mengajari mereka salah satu dianatara mereka malah nangis mungkin takut sama Rina hehe dan ternyata anak itu ngantuk mau pulang, howalahh aku kira takut sama Rina. Walaupun mati lampu dan hujan tetapi itu tidak menyurutkan semangat mereka dengan menggunakan penerangan seadanya. Acara selanjutnya yaitu nyanyi lagu GKM bareng Kang Ruli. Serah terima Iqra’ dari Komunitas Ngejah untuk madrasah setempat. Dan diakhiri dengan ritual terpenting palagi kalu bukan selfie bareng.

Kita, para relawan istirahat sejenak di rumah pengelola Pojok Baca sambil bersendau gurau. Walaupun pulangnya sampai kesorean tapi ini merupakan pengalaman yang luar biasa. Setiap kegiatan walaupun itu sama tetapi tetap memiliki kesan tersendiri dan pengalaman yang berbeda pula.

Nah itulah seputar kegiatan GKM edisi 57. Ikuti terus kegiatan kami di kampong-kampung selanjutnya ok.!!

Penulis: Dewi

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s