LDKS SMPN 2 SINGAJAYA

LDKS SMPN 2 SINGAJAYA-Jumat, tanggal 17 maret 2017 pukul 13.00 WIB,  SMPN 2 Singajaya memulai pelaksanaan LDKS yang diikuti oleh seluruh pengurus Organisasi yang ada di SMPN 2 Singajaya. Perwakilan pengurus dari OSIS, Gerakan Pramuka dan ROHIS diharuskan mengikuti LDKS yang digelar sejak tanggal 17 sampai 19 Maret 2017. Tujuan dilaksnaakannya LDKS ini adalah untuk melatih kepemimpinan para siswa agar membawa nama baik sekolah, nama baik pribadi dan keluarga untuk menjadi lebih baik lagi. Tujuan ini disampaikan Pembina OSIS SMPN 2 Singajaya Ibu Ani Setaningsih, S.Pd.

Rangkaian acara pembukaan dilaksanakan dengan lancar mulai, dari laporan panitia sampai pengarahan dari beberapa guru pembina masing-masing organisasi. Selesai rangkaian acara pembukaan dilanjutkan dengan materi yang di sampaikan oleh Bapak Abdul Hay, S.Pd. tentang tips hidup sukses. Menurut Pak Abdul Hay, banyak para pendahulu kita yang mampu meraup kesuksesan, itu karena memilik semangat dan disiplin, serta dedikasi yang tinggi.

Dilanjutkan pada hari ke-2, Sabtu tanggal 18 Maret 2017. Pada pukul 07.00 semua peserta LDKS sudah berada di lokasi sesuai dengan jadwal kegiatan yang sudah disebar. Kehadiran peserta sesuai jadwal, merupakan salahsatu indikator kedisiplinan, kata pembina osis. Pada hari ke-2, kegiatan dimulai dengan apel pagi serta sarapan pagi dan senam untuk menjaga stamina tubuh. Kegiatan LDKS semakin menunjukan keseruanya, dengan kehadiran para pemateri yang datang dari beragam latar belakang pendidikan dan kegiatan. Salsahsatunya yaitu Pak Ijang Iskandar, S.Pd. yang menyampaikan materi tentang keorganisasian. “Organisasi itu harus bermanfaat bagi semua pihak, termasuk bagi kehidupan bermasyarakat. Oleh karena itu sebagai seorang yang aktif di organisasi tentunya harus senantiasa menjadi contoh yang baik” tuturnya. Materi selanjutnya yaitu tentang kepemimpinan yang disampaikan oleh Pak Didin Solehudin. Beliau menyampaikan bahwa setiap orang dilahirkan dengan kudrot sebagai seorang pemimpin, dan setiap pemimpin tentu akan diminta pertanggungjawabannya suatu saat nanti. Beliau berpesan kepada seluruh peserta bahwa jadilah kita sebagai pemimpin yang betul-betul amanah dan menjadi contoh bagi siswa yang lainnya.

Masuk ke sesi-3. Kali ini, pemateri berasal dari Komunitas Ngejah yang diwakili oleh Kang Roni Nuroni, Kang Budi Iskandar dan Teh Imas Maspupah. Sebelum materi di sampaiakn oleh Komunitas Ngejah, seluruh peserta diarahkan membaca 15 menit. Selanjutnya, Kang Roni menyampaikan tentang Gerakan Literasi Sekolah. Literasi dalam konteks GLS merupakan kemampuan mengakses, memahami, dan menggunakan informasi secara cerdas, sehingga kita sebagai pelajar selain membaca pelajaran sekolah juga dituntut membaca buku yang lainnya sebagaimana menurut Permendikbud bahwa setiap siswa diharuskan membaca 15 menit buku non teks pelajara sebelum dimulainya belajar.  Seteah itu materi dari Kang Budi Iskandar menyampaikan materi tentang kepenulisan. Salahsatu yang paling penting adalah kita harus mau menulis sebagai bukti karya walaupun sekecil apapun. Selain itu Kang Budi juga menyampaikan materi dasar menulis sebuah berita dan menulis resensi. Suasana gelap, karena hujan mengguyur Singajaya sejak pagi, ditambah mati listrik yang padam sejak pagi hari, tak membuat para pseserta goyah dan kehilangan semangat.  Saat jarum jam menunjuk angka 5 lebih 30 menit sore, para relawan Komunitas Ngejah pun mengakhiri materinya dan menutupnya dengan doa dan swafoto bersama.

Penulis :

Keti Fauziah (Kelas VIII D) dan Arin Dwi Lestari (Kelas VIII D)

Siswa SMPN 2 Singajaya Kab. Garut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.