Ngabuburit Rasa Literasi Hari Ke-dua

Bosan menunggu waktu puasa? Menunggu waktu berbuka puasa biasanya dikenal dengan istilah “Ngabuburit”. Kegiatan ngabuburit itu bentuknya beragam, mulai dari tadarus, jalan-jalan sore, main games dan banyak kegiatan yang lainnya. Nah ada juga bentuk kegiatan ngabuburit yang belum disebut di atas. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Komunitas Ngejah di Saung Komunitas Ngejah, Sukawangi, Garut, Jawa Barat (21-23/6/2017). Kegiatan tersebut bernama “Ngabuburit Rasa Literasi”. Didalamnya terdapat beberapa pelatihan diantaranya pelatihan membuat video, membuat blogs, menulis, dan diskusi buku.

Pada hari ke-2 kegiatan Ngabuburit Rasa Literasi fokus pada pelatihan membuat video dan membuat blog. Untuk pelatihan membuat video diisi oleh Kang Wandi dan Kang Bagus dari Tasikmalaya, sedangkan untuk pelatihan membuat blog diisi oleh Kang Ipan Setiawan seorang blogger dari Garut. Kegiatan Ngabuburit Rasa Literasi hari ke-2 ini sangat banyak manfaatnya khususnya bagi orang-orang​ yang ingin belajar membuat video dan blogs kegiatan ini sangat bermanfaat untuk diikuti. Jika pada awalnya banyak orang mengira bahwa membuat video itu harus mempunyai kamera yang canggih. Namun, setelah mendengarkan materi yang disampaikan Kang Wandi ternyata dengan alat seadanya saja kita bisa membuat video. Bukan karena kameranya yang bagus namun bagaimana cara kita menggunakan kamera seadanya itu dengan baik dan benar maka kita juga akan menghasilkan sebuah karya dalam bentuk video. Selapas menyimak materi dan nonton bersama film berjudul Canting yang diproduksi seorang pegiat film asal Tasikmalaya, kami para peserta diarahkan mencoba mengambil gambar. Para peserta dibimbing membentuk kelompok, kemudian kami mecoba menggunakan kamera, mengambil gambar dan ada juga yang berperan menjadi reporter belajar bicara di depan kamera. Karena waktu yang mepet, kami tidak sempat untuk mencoba mempraktekan bagaimana mengolah gambar menjadi sebuah video yang utuh. Hal itu hanya dibahas sekilas dalam bentuk penyampaian teori.

Materi selanjutnya, berkaitan dengan cara membuat blog. Kang Ipan sebagai pemateri, ditemani Kang Ilham, sesama bloger Garut, mempresentasikan bagaimana membuat blog. Sekedar membuat blog sederhana, ternyata hanya butuh waktu 5-15 menit. Menurut Kang Irpan, membuat blog saja itu mudah, yang susah itu bagaimana memelihara blog, agar selalu update. Dalam hal ini, Kang Irpan memberikan beberapa contoh dan mempresentasikan cara mengisi blog. Tulisan-tulisan sederhana yang kita alami dalam kehidupan sehari-hari sangat memungkinkan untuk mengisi blog. Misal acara ngabuburit, kita buat tulisannya lalu post ke blog yang kita miliki. Untuk mempercantik atau sebagai penjelas tulisan, boger juga bisa membubuhkan gambar. Jika seandainya gambar hasil mengunduh dari internet, jangan lupa untuk mencantumkan sumbernya. Demikian ujar sang pemateri. Lebih lanjut pemateri memberikan informasi, bahwasannya tulisan-tulisan di blog itu bisa menghasilkan pundi-pundi uang. Namun tentu ada cara tersendiri yang harus diketahui oleh bloger. Untuk membincangkan hal itu, Komunitas Ngejah berencana akan mengadakan pelatihan lanjutan pada waktu yang akan datang.

Saya merasa kegiatan ini sangat banyak sekali memberikan wawasan baru. Semoga di tahun-tahun berikutnya ada lagi kegiatan Ngabuburit Rasa Literasi.

Penulis: Yulianti (Berdomisili di Kampung Sukawangi)

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.