GKM 72

Panas sang surya yang jatuh tepat di atas kepala tidak mematahkan semangat para relawan untuk terus melanjutkan kegiatan Gerakan Kampung Membaca. Kali ini, (21/10/2017) Komunitas Ngejah dan para relawan akan menggelar GKM ke-72  di Kp. Sagarabiakta Desa. Sukanagara Kec. Peundeuy. Oiya kegiatan kali ini diikuti oleh tim LENTERA INDONESIA Net TV.

Sebelum sampai di lokasi kegiatan, kami melewati proyek pembangunan PLTA. Menurut informasi yang berseliweran bahwa, proyek pembangunan PLTA tersebut dilaksanak oleh perusahaan asing. Hmm, saya sempat berpikir “Kok sama perusahaan asing ya? Kenapa engga Indonesia?padahal kan daerah tersebut masih termasuk daerah indonesia? Ah sudahlah, hanya mereka dan tuhan yang tahu.

Oke kita lanjut…

Alt
Kak Budi bersam Si Syam (Boneka Tangan) dan Syifa bersama Sima (Boneka tangan) mengisi sesi mendongeng pada kegiatan GKM 72 di Kampung Sagarabiakta Desa Sukanagara Kec. Peundeuy

Untuk sampai di Sagarabiakta kami membutuhkan waktu selama kurang lebih 2 jam. Dan selama perjalanan, kami disunguhkan dengan pemandangan yang  menakjubkan. Dan akhirnya, perjuangan untuk sampai di Sagarabiakta terbayarkan dengan senyuman yang terlihat jelas di wajah anak-anak peserta GKM yang sudah menunggu kami. Sorot mata dan tepuk tangan anak-anak  ketika kami sampai seolah menjadi obat untuk melenyapkan rasa lelah saya dan teman-teman relawan, setelah menmpuh perjalanan. Kami pun harus membayar penantian mereka. Kegiatan diawali dengan mengajak anak-anak  bermain dan bernyanyi yanh dibimbing oleh Kak Vita dan Kak Yuni. Mereka adalah relawan komunitas ngejah. Setelah sesi game dan bernyanyi selesai, anak-anak diajak Kak Budi dan Syifa serta sam dan Shima (boneka tangan) untuk mendengarkan dongeng. Setelah itu, kang Opik memberikan instruksi untuk membuat kelompok baca sesuai tingkatan sekolah atau kelas. Selanjutnya, anak-anak di uji keberaniannya dengan cara menceritakan kembali tentang buku yang dibacanya di depan teman-temannya. Dan kegiatan ini diakhiri dengan berfoto bersama. Ah rasanya puas sekali setelah menghabiskan waktu bersama mereka. Semoga saja moment seperti ini dapat terus berlanjut ya kawan.

 

Penulis

Risma (Siswi kelas 10 SMAN 20 Garut, Anggota sekaligus Relawan Komunitas Ngejah)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.