Ingin Jadi Filmmaker? Ini Hal-Hal yang Wajib Kamu Tahu!

Membuat sebuah film di era modern sekarang ini tidaklah sesulit bila dibandingkan dengan yang dulu. Sekarang hanya dengan bermodal kamera, baik yang digital maupun slr, anda sudah bisa membuat sebuah film. Tapi apa benar segampang itu membuat sebuah film?

Ternyata proses pembuatan sebuah film tidak semudah apa yang selama ini kebanyakan orang pikirkan. Tidak hanya bermodal peralatan, tapi juga harus memiliki beberapa pengetahuan dasar tentang pembuatan film. Diantaranya adalah penguasaan alat, naskah dan banyak lagi. Nah bagi anda yang ingin membuat sebuah film, ini adalah beberapa hal yang wajib kalian perhatikan saat membuat film.

 

#1. Kuasai Peralatan
Yang paling dasar dari semua adalah, kuasai cara penggunaan peralatan yang akan anda gunakan saat proses pembuatan film. Sebagus apapun peralatan yang anda gunakan saat produksi, hasilnya akan tetap tidak maksimal jika anda tidak tahu cara mengoperasikannya dengan baik.

#2. Buatlah Script Sebaik Mungkin
Script atau naskah adalah esensi penting dalam sebuah film. Kebanyakan filmmaker, terutama yang baru memulai, sering melupakan hal ini. Bisa dikatakan script adalah jiwa dari sebuah film. Semakin bagus dan matang sebuah script maka semakin menarik sebuah film.

#3. Jangan Sembarangan Memilih Aktor/Aktris
Ini juga menjadi salah satu yang kadang kurang diperhatikan oleh mereka yang baru belajar membuat sebuah film. Aktor dan aktris memainkan peran penting dalam sebuah film.Jadi jangan sembarang pilih aktor ataupun aktris. Carilah orang yang benar-benar dapat berperan dengan baik sehingga film anda terlihat bagus.

#4. Pilihlah Lokasi yang Tepat.
Yang terakhir yang perlu diperhatikan adalah perhatikan lokasi pembuatan film. Jangan asal memilih lokasi hanya karena terlihat bagus. Tetapi lihatlah dimana sudut pengambilan gambar terbaik, sudut arah cahaya dan menyesuaikan dengan adegan dalam naskah. Lokasi adalah salah satu unsur penting dalam tampilan sebuah film, begitu juga dengan cahaya. Jadi pilihlah lokasi anda dengan teliti.

Itu tadi adalah beberapa hal yang wajib kamu perhatikan dalam proses pembuatan film. Hal-hal tersebut merupakan dasar-dasar yang sering dilupakan oleh mereka yang baru belajar untuk membuat film. Memang membuat sebuah film terlihat mudah, tetapi yang sebenarnya tidaklah semudah yang kita bayangkan. Tapi jika memang berniat untuk membuat sebuah film atau menjadi filmmaker, pastikan anda membuat film itu semaksimal mungkin.

 

 

Sumber: http://www.vestyles.com/2015/08/pengen-jadi-filmmaker-ini-hal-hal-yang.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.