REKOMENDASI KOPDAR PEGIAT TBM JAWA BARAT

Salahsatu program kerja Forum Taman Bacaan Masyarakat Provinsi Jawa Barat pada tahun 2017 adalah membuat kegiatan yang memungkinkan para pegiat TBM di Jawa Barat bisa bersilaturahmi secara langsung, duduk melingkar, saling berbagi cerita ihwal gerakan masing-masing.  Realisasi dari program tersebut maka digelarlah sebuah acara yang bertajuk Kopdar Pegiat TBM Provinsi Jawa Barat, dengan tema “Dari kita, oleh kita, untuk kemajuan literasi Jawa Barat Tercinta”. Kegiatan ini, diselenggarakan di Sanggar Pramuka Ikopin Jatinangor, 26-27 Desember 2017.

Sebagaimana tujuan awal digelarnya kegiatan ini, maka FTBM Jabar selaku penyelenggara menyisipkan satu sesi acara yang diberi nama Curhat Bereng Pegiat TBM Jawa Barat. Acara tersebut merupakan evaluasi kegiatan Kopdar dan diskusi seputar proker FTBM Jabar serta sebagai ruang berbagi cerita antar pengelolaan TBM dan FTBM Kabupaten Kota yang ada di Jawa Barat. Melalui acara tersebut tercetuslah beberapa poin rencana kegiatan yang ditujukan untuk meningkatkan langkah gerak FTBM Jabar dan seluruh FTBM Kabupaten dan Kota yang ada di Jawa Barat serta demi meningkatnya gerakan literasi yang sedang digelorakan oleh seluruh pengelola TBM di Jawa Barat. Poin-poin tersebut disepakato oleh 109 peserta yang merupakan berasal dari 22kabupaten/kota yang hadir (5 kabnupaten kota tidak ada perwakilannya). Berikut poin-poin kesepakatan yang dihasilkan dari sesi curhat Kopdar FTBM Jawa Barat:

  1. Acara Kopdar Pegiat TBM, Jambore Literasi, temu pegiat literasi atau apapun istilahnya, dipandang penting dan bermanfaat untuk para pegiat TBM. Selain memberi nutrisi yang bergizi yang dihasilkan dari berabagai diskusi yang diisi oleh para nara sumber yang mumpuni, juga bisa menjadi ruang berbagi pengalam praktik literasi di lapangan. Selain itu, acara ini mampu memberi ruang merekatkan silaturahmi antar pegiat. Oleh karena itu, kegiatan ini akan dipatenkan menjadi proker tahunan FTBM Jabar, dan kemudian akan diadaptasi oleh FTBM kabupaten/kota yang ada di Jawa Barat.
  2. Melalui berbagai masukan dari perwakilan pegiat, FTBM Jabar dan FTBM Kabupaten Kota yang ada di Jabar dipandang perlu memiliki akun medsos (minimal FB), sebagai media silaturahmi, diskusi, saling menginspirasi dan berbagi kabar tentang tektek bengek perkembangan TBM yang ada di setiap daerah.
  3. Melalui berbagai masukan, disepakati adanya sumbangan bulanan dengan besar 10.000 dari FTBM Kabupaten Kota untuk FTBM Jabar. Adapun dana yang disumbangkan adalah iuran dari TBM yang ada di masing-masing kabupaten kota. Teknis dan besar iuran di kabupaten kota diserahkan sepenuhnya kepada pengurus FTBM yang bersangkutan. Sumbangan yang diterima FTBM Jabar harus dilaporkan tipa bulan kepada pegiat TBM di Jawa Barat melalui media sosial.
  4. Dalam rangka menjalin silaturahmi dan saling menguatkan gerakan peserta yang hadir menyepakati perlu adanya kunjungan yang lebih terjadwal dari FTBM Jabar ke setiap FTBM kabupaten kota di Jawa Barat.
  5. FTBM Jabar harus mencoba melakukan usaha mengaktifkan FTBM Kabupaten Kota yang kurang aktif dan belum aktif.
  6. FTBM Jabar dan FTBM kabupaten kota di Jawa Barat harus mencoba melakukan langkah-langkah untuk merintis atau menguatkan kerjsama dengan para pihak, pemerintah provinsi dan kabupaten kota ataupun swasta. Selain itu, pihak-pihak terkait diharapkan mau berpihak terhadap gerakan literasi yang sudah tumbuh, salahsatunya yang dipelopori oleh Taman Bacaan Masyarakat.
  7. Gerakan literasi yang dipelopori oleh TBM, harus terus ditingkatkan dengan mengutamakan kebersamaan. Harapannya dengan demikian, akan lebih banyak lagi orang-orang yang terpanggil merintis TBM supaya gerakan ini semakin bergelora dan dapat mempercepat peningkatan tumbuhnya budaya baca, khususnya di Jawa Barat, umumnya di Indonesia.
  8. Semua pegiat TBM di Jawa Barat diharapkan mau berbagi tulisan terkait berita kegiatan di TBM masing-masing untuk diunggah di website FTBM Jabar.

Jatinagor, 27 Desember 2017

Pengurus FTBM Jawa Barat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.