JPeGS (Jurnalis Pelajar Garut Selatan)


(Jurnalis Pelajar Garut Selatan)

Bagi sebagian sekolah, ekstrakurikuler (ekskul) jurnalistik masih dianggap asing, apalagi untuk sekolah-sekolah yang berada di wilayah pedesaan. Menyadari kondisi ini, Komunitas Ngejah sebagai salah satu lokomotif gerakan literasi di wialayah Garut Selatan mencoba menjadikan celah tersebut untuk memasuki dunia pelajar dalam rangka kampanye baca tulis melalui dunia jurnalistik. Gerakan ini didasarkan sebuah pemikiran, bahwasannya selain ikut membantu mendongkrak minat baca tulis para pelajar sekitar, menyalurkan bakat minat, dunia jurnalistik juga juga memberikan alternatif life skill (kecakapan hidup) untuk para pelajar.

 

Langkah pertama yang dilakukan Komunitas Ngejah untuk mengenalkan para pelajar dengan dunia jurnalistik yaitu dengan melaksanakan kegiatan Pelatihan Jurnalistik Pelajar sebagai program tahunan. Dalam hal ini ketertarikan para pelajar terhadap kegiatan ini cukup  besar. Tercatat tidak kurang dari 150 pelajar SMP dan SMU/sederajat yang berasal dari wilayah Garut bagian selatan dan Tasikmalaya bagian selatan, ambil bagian menjadi peserta kegiatan untuk setiap penyelenggaraannya. Beberapa materi dasar jurnalistik coba diperkenalkan dalam kegiatan tersebut. Pada penghujung kegiatan para peserta diarahkan langsung untuk mempraktekan teori-teori yang telah mereka ketahui, seperti penggambilan gambar baik photo atau pun video, melakukan wawancara, kajian pustaka hingga menuliskannya ke dalam bentuk berita.

 

Setelah tiga kali pelaksanaan Pelatihan Jurnalitik Pelajar, ternyata animo pelajar semakin menguat. Hal ini dibuktikan dengan keikut sertaan mereka dalam kegiatan-kegiatan yang digagas oleh Komunitas Ngejah, baik yang berkaitan dengan kegiatan jurnalistik atau pun kegiatan lainnya. Setelah melihat modal motivasi yang telah dimilki pelajar tersebut, pada akhirnya hal ini menggiring pengurus Komunitas Ngejah untuk menyalurkan minat mereka dan menaunginya melalui sebuah sub organ Komunitas Ngejah yang konsen dalam dunia jurnalistik. Melalui diskusi kecil akhirnya terbentuklah sebuah formula organisasi dengan nama JPeGS (Jurnalis Pelajar garut Selatan). Adapun pengurus JPeGS adalah mereka para pelajar yang berdomisili di Garut selatan baik sekolah di Garut Selatan ataupun di luar daerah dan juga pelajar dari luar daerah akan tetapi sekolah di Garut selatan.

 

Pada perkembangannya JPeGS terus mencoba berproses untuk membekali diri dengan ilmu jurnalistik melalui diskusi, serta mempraktekannya secara langsung. Lebih lanjut, beberapa karya telah mereka hasilkan baik dalam bentuk tulisan, photo atau pun video. Adapun ruang karya mereka dantaranya adalah blog pribadi masing-masing anggota, Kolom Kabar Dari Sekolah dan Seputar Desa yang dimuat di Mading Balarea serta Blog Komunitas Ngejah. Selain itu, beberapa karya mereka telah mampu menemui pembaca dengan cakupan yang lebih luas selepas diberi kesempatan dimuat beberapa surat kabar lokal Priangan Timur. Melalui JPeGS, diharapakan para pelajar Garut Selatan terus memacu diri untuk berkarya, narsis dengan kegiatan sekolahnya, kampung halamannya serta seluruh potensi yang ada di sekitar.

 

SEKRETARIAT

Kp. Sukawangi RT.01 RW.01 Ds. Sukawangi Kec. Singajaya Kab. Garut (44173)

No. HP. 081323460864 email. gerimisculamega@yahoo.co.id

SLOGAN

Merekam jejak, mencatat peristiwa

 

VISI MISI

Visi:

JPeGS (Jurnalis Pelajar Garut Selatan) Komunitas Ngejah sebagai salahsatu wahana inkubator pendidikan alternatif bagi pelajar Garut selatan yang berdasarkan kearifan lokal dan nilai-nilai islami

 

 

Misi:

1.      Terciptanya pelajar Garut selatan sadar media yang selaras dengan kearifan lokal

2.      Terciptanya pelajar Garut selatan yang literat 

3.      Terciptanyapelajar Garut selatanyang humanis

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s